Dok., saya mau tanya kalau seorang mengalami priapism yaitu keadaan Di mana terjadi ereksi secara terus menerus tanpa berhenti selama 4 jam Dalam beberapa hari.

Dan priapism itu akhirnya menyebabkan Disfungsi ereksi secara permanen. Disfungsi ereksi,yaitu keadaan Di mana penis tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi. Apakah Disfungsi Ereksi secara permanen itu bisa Di obati,diatasi,dan sembuhkan? Tolong balas secepatnya dok ke email saya. Terimakasih banyak.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/07/2016
Public

Halo Sobat,
Priapismus adalah ereksi penis yang berkepanjangan (lebih dari 4 jam) tanpa diikuti dengan hasrat seksual dan sering disertai dengan rasa nyeri. Priapismus merupakan salah satu kegawatdaruratan dalam bidang urologi. Penegakan diagnosis dan pemilihan tindakan terapi secara cepat dan tepat akan sangat menentukan hasil yang dapat dicapai pada masing-masing pasien. Dalam jurnal dilaporkan empat kasus pasien dengan priapismus, usia keempat pasien bervariasi yaitu 18 tahun, 28 tahun, 31 tahun dan 51 tahun, semua pasien datang dengan keluhan ereksi berkepanjangan pada penisnya tanpa disertai hasrat seksual. Dari keempat pasien satu pasien menderita chronic myeloid leukemia sebagai salah satu penyebab terjadinya priapismus, ketiga pasien yang lain disebabkan karena pengunaan obat-obatan tertentu.
Pada prinsipnya terapi priapismus adalah secepatnya mengembalikan aliran darah pada korpora kavernosa yang dicapai dengan cara medikamentosa maupun operatif. Dari keempat kasus dilaporkan tindakan yang berbeda, dua kasus dilakukan kombinasi aspirasi dan irigasi korpus cavernosus serta injeksi ephinefrin, satu kasus dilakukan operasi shunting korporal venoglandular dan satu kasus lagi dilakukan shunting cavernosospongiosa. Dalam perjalanannya keempat pasien mengalami perbaikan.
Sebaiknya Sobat segera berobat ke dokter spesialis urologi.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.