1 Jawaban Dokter

Staff 08/07/2016
Public

Halo Sobat,
Untuk lebih mudah mengetahui body mass index Sobat, klik disini dan Sobat dapat mengetahui apakah termasuk dalam kategori ideal atau tidak. Untuk mengubah kalori menjadi lemak, input kalori harus lebih tinggi dibandingkan output kalori, yang artinya asupan makanan Sobat harus lebih tinggi dibandingkan energi yang dikeluarkan untuk aktivitas sehari-hari. Dan juga Sobat harus makan dengan gizi seimbang setiap harinya yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta ditambah susu.
Berikut ini cara menghitung kebutuhan energi menggunakan Angka Metabolisme Basal (AMB) dan aktifitas fisik.

  • Rumus untuk orang sehat adalah AMB x Faktor Aktifitas
  • Rumus untuk orang sakit adalah AMB x Faktor Aktifitas x Faktor Stress

Angka Metabolisme Basal
Angka Metabolisme Basal (AMB) atau Basal Metabolic Rate (BMR) adalah jumlah energi yang dikeluarkan untuk aktivitas vital tubuh pada waktu istirahat. Energi tersebut dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi vital tubuh seperti denyut jantung, bernapas, pemeliharaan tonus otot, pengaturan suhu tubuh, metabolisme makanan, sekresi enzim, sekresi hormon, transmisi elektrik pada otot dan lain-lain.
Untuk menghitung AMB tersebut menggunakan Rumus Harris Benedict. Rumus ini membedakan antara laki-laki dan perempuan.
Laki-laki : 66 + (13,7 x BB) + (5 x TB) – (6,8 x U)
Perempuan : 65,5 + (9,6x BB) + (1,8 x TB) – (4,7 x U)
Keterangan :
BB : Berat badan dalam kg
TB : Tinggi badan dalam cm
U : Usia dalam tahun
Faktor Aktifitas Fisik
Aktifitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga dan energi sehingga menyebabkan pembakaran energi. Energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik bervariasi menurut tingkat intensitas dan lama melakukan aktifitas fisik, makin tinggi energi yang diperlukan.
 
Mari menghitung dan semoga bermanfaat, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.