2 answer

Staff 08/07/2016
Public

Halo Sobat,
Demam adalah peningkatan suhu tubuh sebagai akibat dari infeksi atau peradangan. Sebagai respon terhadap invasi mikroba, sel-sel darah putih tertentu mengeluarkan suatu zat kimia yang dikenal sebagai pirogen endogen, yang memiliki banyak efek untuk melawan infeksi dan juga bekerja pada pusat termoregulasi hipotalamus untuk meningkatkan patokan termostat. Demam ringan mungkin bermanfaat, tapi tidak diragukan lagi bahwa demam yang sangat tinggi dapat mengganggu fungsi tubuh, terutama pengaruhnya pada susunan saraf pusat.
Untuk sementara Sobat dapat mengkonsumsi obat paracetamol 500 mg 3-4x sehari jika demam, Sobat dianjurkan minum air putih yang banyak dan jika demam terlalu tinggi Sobat dapat lakukan kompres pada bagian dahi dan ketiak. Jika demam sudah lebih dari 3 hari sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar dapat diketahui demam tersebut mengarah pada suatu penyakit tertentu atau tidak. Jangan lupa untuk makan makanan bergizi, dan berolahraga secara rutin 3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Staff 08/07/2016
Public

Selamat malam sobat
Demam adalah peningkatan suhu tubuh diatas 37,5 “C. Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan demam misalnya infeksi, dehidrasi, dan kelelahan kronis. Demam biasanya akan terjadi terus menerus atau hilang timbul dan disertai rasa menggigil. Untuk meringankan keluhan, sobat bisa minum obat penurun panas seperti ibuprofen atau parasetamol. Selain itu, sobat juga bisa melakukan kompres air hangat di area leher dan ketiak. Untuk mengetahui penyebab demam, diperlukan pemeriksaan fisik langsung serta pemeriksaan penunjang lanjut seperti pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah disebabkan oleh infeksi atau bukan. Sebaiknya Sobat memeriksakan diri ke dokter langsung bila keluhan tidak kunjung membaik.
Salam

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.