Pubertas

Halo dok
Saya umur 16 tahun dan seoranga laki-laki
Dok mau nanya dong, kenapa y saya tidak menunjukan ciri ciri puber sebagaimananya laki laki, seperti dada yang tidak membidang, malah agak sedikit seperti perempuan , perut yang buncit, otot yg tidak terlalu kuat, bahu yang hanya sedikit melebar, dan 1 lg dok ini membuat saya sedikit terganggu yaitu pinggang yg agak kelihatan menyusut seperti perempuan saya tidak tahu ini hanya perasaan saya atau tidak , tp temen saya pernah memberi ejekan karena itu, membuat penampilan saya tidak seperti laki laki.
Memang dok saya jarang sekali ikut olahraga , kecuali kegiatan sekolah. Apa karena itu saya jd tidak berkembang ? masalah ini sangat membebani pikiran saya dok, membuat malu.

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat
pada seorang laki-laki,pubertas dapat terjadi sampai dengan usia 18 tahun dan sampai dengan usia itu masi dapat terjadi perubahan fisik pada laki-laki seperti dada yang membidang serta tumbuhnya rambut pada area-area seperti wajah atau dada. sobat tidak perlu khawatir dan merasa malu. sobat dapat rutin berolahraga agar terlihat lebih sehat dan memiliki masa otot yang lebih besar agar dapat membantu sobat merasa lebih percaya diri.
Terima kasih. semoga membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.