CARA MENAMBAH BERAT BADAN ANAK

siang dokter. saya ummuaira. anak kedua saya laki-laki sekarang usianya 8,5 bulan tapi berat badan hanya 7.3kg saja tidak nambah nambah dari usia 6,5 bulan. termasuk kategori kurus (kurang gizi)
yang mau saya tanyakan apa yang harus saya lakukan ya agar berat badan anak saya bisa bertambah? makanan atau minuman apa ya ? dia makan dan minum susunya doyan dan banyak tapi BB nya tidak nambah-nambah?
mohon info dokter susu atau makanan yang bisa menambah berat badan anak? saat ini dia minum susu SGM Ananda 6-12bulan. sedangkan makanan selalu kami buat sendiri tidak instan. mohon dibalas ya dokter dan diberikan informasi untuk menambah berat badan anak saya.
terimakasih sebelumnya

1 Jawaban Dokter

Staff 01/07/2016
Public

Dear Ummu Aira,
Memang terkadang saat anak sudah memasuki fase menggunakan MPASI akan mengalami perlambatan penambahan berat badan, terlebih untuk anak yang tergolong cukup aktif bergerak. Selama jarang sakit dan sistem pencernaan lancar maka tidaklah terlalu bermasalah. Asupan makanan yang setiap hari diberikan lebih sering saja diberikan walaupun porsinya lebih kecil dan variasikan agar anak tidak bosan dan nafsu makan tetap terjaga. Selain itu makanan yang tinggi protein dan lemakpun baik untuk meningkatkan berat badan seperti ikan gabus, kacang-kacangan dsb selama anaknya pun tidak memiliki alergi terhadap jenis makanan tersebut. 
Untuk susu formula jenis apapun selama anaknya senang tidaklah masalah dan bila masih bisa mendapat ASI malah mungkin akan jauh lebih baik.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.