kuping berdenging

hallo Doctor, kuping saya berdenging, saya udah berobat kemana saja tapi katanya kupingnya gak papa, saya jadi binggung, kadang saya diam saya merasa terganggu 1minggu ini cek yg bikin denging apa ya ? setelah saya pegang kuping, kepala ternyata di bagian belakang kuping kanan bentuknya berbeda dgn kuping kiri, di bagian kanan agak benjol tapi tidak sakit bila di tekan bunyi dengungnya jd lebih kencang bila di tekan bagian itu, . . mohon bantuannya

1 Jawaban Dokter

Staff 01/07/2016
Public

Hi Sobat, 
Kondisi yang anda alami disebut Tinnitus dalam istilah medisnya. Tinnitus adalah bunyi atau dengungan pada telinga. Kondisi ini bukanlah penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu. Contohnya cedera telinga, masalah pada sistem sirkulasi tubuh, atau kehilangan pendengaran yang muncul seiring bertambahnya usia.
Jika penyebab tinnitus tidak terdeteksi seperti yang anda alami, maka penanganan yang dilakukan tentu berbeda. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk menekan bunyi tinnitus semaksimal mungkin sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda. Mungkin anda dapat mencoba terapi berikut untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh Tinnitus yaitu dengan :

  • Terapi suara, misalnya menggunakan bunyi-bunyi lain (seperti suara radio atau rekaman bunyi hujan) untuk menutupi bunyi tinnitus yang dialami.
  • Tinnitus retraining therapy (TRT). Dalam terapi ini, pasien akan dilatih untuk membiasakan diri dengan bunyi tinnitus yang dialami.

Di samping terapi tersebut ada juga beberapa cara yang bisa Anda terapkan di rumah untuk mengendalikan tinnitus Anda. Misalnya, mendengarkan musik yang menenangkan dan melakukan relaksasi.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.