apa resiko cacingan sangat cepat kepada anak yang suka isap jempol? dan Bagaimana cara merubah kebiasaan anak yang suka isap jempol?

karna anak saya satu tahun ini sering cacingan. mungkinkah akibat isap jempol tersebut? umur anak saya jalani 4 tahun saya sudah berusaha menjaga kebersihan di rumah, sayur juga di cuci bersih… makasih dok

1 Jawaban Dokter

Staff 30/06/2016
Public

Selamat malam Sobat, 
Kebiasaan mengisap ibu jari merupakan hal yang wajar hingga usia 2 tahun. Biasanya pada usia 5-6 tahun kebiasaan menghisap ibu jari akan menghilang akibat tekanan psikologis dan rasa malu dari teman-teman sekolahnya. Kebiasaan menghisap ibu jari tentu bukan merupakan kebiasaan yang baik karena dapat merusak gigi, memicu pertumbuhan gigi tonggos, merusak gusi, dan akan lebih mudah cacingan karena jari tangan merupakan salah satu sumber infeksi. Untuk mengurangi kebiasaan menghisap ibu jari, Ibu bisa mengalihkan sementara ke dot. Selain itu, ibu juga bisa mencoba mengoleskan brotowali (bahan herbal yang pahit) ke ibu jari saat anak Ibu tertidur dan jangan saat sadar karena akan menimbulkan perilaku yang agresif. Ibu juga bisa mengalihkan perhatian anak Ibu ke hobi lain seperti melukis dan mewarnai. Semoga penjelasan ini bermanfaat. 
Salam

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.