Kanker Payudara

selamat malam dok.
saya yoan, disini saya ingin bertanya tentang kesehatan ibu saya yg terkena penyakit kanker payudara. ibu saya berusia 49th, dan mengalami kanker payudara stadium 3B dan sudah di kemoterapi sebanyak 6x, sempat opname dan akan operasi di salah satu rumah sakit besar di banjarmasin, tetapi saat akan menjalani operasi ternyata gula darah ibu saya hampir 400, karena memang ibu saya mempunyai riwayat diabetes dan di situ dokter sama sekali tidak berani mengambil keputusan karena seandainya dilakukan pembedahan akan beresiko tinggi bagi kesehatan ibu saya. saat ini penyebaran kanker sudah menjalar ke paru-paru dan ibu saya mendapatkan paket kemo lagi sebanyak 3x dan sekarang paket kemo telah selesai. yang ingin saya tanyakan:
1) apakah kanker nya bisa di operasi sedangkan gula darah ibu saya akhir-akhir ini mencapai angka 500, padahal setiap hari tidak pernah lepas dari suntikan insulin?
2) masih adakah kesempatan ibu saya bisa sembuh dari penyakit kanker ini?
3) selain faktor makanan, faktor apa saja yg mempengaruhi gula darah seseorang bisa naik drastis?
di tunggu jawaban nya dok, terimakasih 🙂

1 Jawaban Dokter

Selamat malam, Sobat. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

  1. Perlu dievaluasi mengapa insulin ini tidak efektif: Dosisnya? Cara penyimpanannya? Cara menyuntiknya? Apakah semuanya benar?
  2. Kesempatan selalu ada. Untuk kepastiannya, silakan tanyakan berapa persen kemungkinan pada dokter yang merawat ibunda
  3. Faktor stress akan meningkatkan hormon glukokortikoid yang menaikkan gula darah.

Semoga dapat bermanfaat. Salam sehat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.