bayi saya pup tidak tiap hari

Selamat Pagi,

Dokter, saya mau bertanya bayi saya saat ini berusia 40hari, saya beri susu formula karena asi tidak keluar, awal-awal saya kasih sufor Bebelove tahap 1 sesuai dengan takaran tidak ada keluhan dan sekitar 5harian bayi saya pup nya keras lalu sehari kemudian tidak pup sama sekali dan akhirnya saya bawa ke dsa diberi resep lacto b serta susu agak dienceri yg awalnya 30ml menjadi 40ml, selama beberapa minggu normal pup tiap hari lalu dengan inisiatif saya sendiri susu nya saya kembalikan ke awal menjadi 30ml,awalnya tidak masalah lalu beberapa hari kemudian tidak pup selama 2 hari lalu saya beri lacto b bayi saya pup kembali. lalu begitu lagi tidak bisa pup tiap hari.

pertanyaan saya apa bayi saya tersebut tidak cocok dengan susu formula bebelove 1 ? lalu apa yg harus saya lakukan apa saya harus langsung mengganti susu formula nya lagi? jika diganti harus diganti sufor apa ya dok? mengingat asi saya tidak keluar. apa saya harus ke dsa kembali?

mohon jawabannya dari dokter pro sehat..terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 28/06/2016
Public

Hi Sobat, 
Bila dilihat dari kondisi yang dialami oleh bayi anda, memang kondisinya sistem pencernaannya belum terlalu siap, oleh sebab itu tidak masalah untuk memberikan Sufor lebih encer sampai dengan usia 6 bulan dan berikan juga tambahan lactobasilus setiap 2 hari sekali untuk membantu penyerapan usus dan pembentukan bakteri baik dalam usus. Atau solusi lainnya dapat anda carikan donor ASI untuk bayi anda, bila ia masih mau diberikan ASI. Selain itu perhatikan terus apakah ada tanda-tanda gangguan pencernaan lainnya, karena sistem pencernaan bayi memang perlahan-lahan akan mulai beradaptasi dengan jenis asupan yang diterimanya. Tetap lakukan kontrol rutin dengan DSA, dan bila ingin mengganti dengan sufor lainnya lakukan secara bertahap, agar sistem pencernaan dapat pula beradaptasi.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.