penyakit kulit gatal

saya sudah menderita penyakit gatal sejak 2014
kaki kiri dan tangan kanan saya terkelupas sendiri, lalu kemudian muncul bintik yg mengeluarkan cairan dan terasa gatal pada saat dimalam hari dan seperti luka terbakar. muncul seperti ruam pada telapak tangan, disela jari kaki, selangkangan dan pada pantat muncul seperti bintik\\" dan gatal pada bagian diatas kemaluan..
apakah saya alergi? krn setiap saya makan telur atau makanan yg asin saya merasa gatal di bagian area tersebut
apa solusi dari penyakit saya ini dokter?
saya berumur 23 tahun

8 answer

Staff 28/06/2016
Public

Hi Sobat, 
Bila kelainan kulit tersebut timbul akibat dipicu oleh alergen berupa makanan asin, maka ada kemungkinan anda memang memiliki alergi terhadap kandungan dalam makanan tersebut, seperti zat pengawet ataupun tambahan lainnya seperti MSG. Cobalah anda atasi dengan mandi menggunakan cairan antiseptik serta oleskan salep yang mengandung kortikosteroid, dan bila terjadi luka dapat ditambahkan salep antibiotik untuk mengatasi infeksi sekundernya, Dan untuk mengurangi rasa gatal dapat mengkonsumsi antihistamin selama diperlukan, serta kurangilah atau janganlah mengkonsumsi makanan yang menimbulkan munculnya gejala alergi tersebut. Penggunaan salep kulit harus rutin dan dilakukan selama masih ada luka, serta jagalah selalu kebersihan kulit Anda terutama di daerah sekitar organ intim yang memang lebih lembab. Dan jangan mempergunakan pakaian berulang-ulang tanpa dicuci atau bergantian dengan orang lain, untuk menghindari timbulnya infeksi sekunder.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Staff 28/06/2016
Public

Kemungkinan terjadinya infeksi jamur juga sangat mungkin sebenarnya terutama daerah tubuh anda yang terkena masalah kulit tersebut adalah areal yang cukup lembab dan mudah berkeringat, yaitu sela-sela kaki dan juga selangkangan. Pengobatan untuk infeksi jamur dan alergi sebenarnya sangat bertolak belakang, selama ini apakah salep yang sering anda pergunakan untuk penyakit yang anda curigai alergi ini? Apakah salep kortikosteroid? Bila iya apakah pernah membaik dalam jangka waktu 4 thn ini atau malah semakin bertambah parah dengan penggunakan salep kortikosteroid? Pernahkah anda mencoba menggunakan obat antijamur? 

#3

saya biasa menggunakan salep pi kang suang dan kalpanax cair serta salep 19… sempat membaik.. lalu kemudian timbul kembali.. awalnya cuman sedkit lama kelamaan bertamba banyak dan semakin gatal serta seperti rasa terbakar dan berair kemudian syaa ganti salep racikan dari dokter dan alhamdulillah ada perubahan namun ketika saya berhenti menggunkannya kembali lagi… apa yg saya harus lakukan dok.. spya saya bisa sembuh dan bisa menikmati makan telur, mie, kepiting, udang serta lainnya tanpa saya khawatir gatal lagi pada area tersebut

#4
Staff 28/06/2016
Public

Jika memang timbulnya gatal setelah mengkonsumsi makanan tersebut maka antisipasilah dengan obat antihistamin untuk mengurangi rasa gatal. Dan pastikan alergi dengan melakukan pengetesan alergi di laboratorium. Bila saya liat dari perjalanan penyakit yang anda derita kemungkinan infeksi jamur jauh lebih besar, untuk itu obatilah hingga tuntas karena memang jangan hanya menggunakan salep sampai gejala mereda saja, tetapi minimal 2 minggu agar jamur tidak tumbuh kembali dan teratasi hingga ke akarnya. Setelah itu pun selalu membersihkan bagian sela-sela jari dan selangkangan dengan menggunakan cairan antiseptik saat mandi serta menjaganya agar tidak sampai lembab dengan rutin berganti kaus kaki serta pakaian dalam, agar jamur tidak berkembang kembali. Dan janganlah menggaruk menggunakan kuku agar tidak menjadi luka yang membesar dan menjalar kebagian tubuh lainnya. 

#5

minimal 2 minggu dok apa yg saya harus lakukan?
soalnya dok mengapa baru skrang saya alergi kenpa tdak dari dulu dok? klo saya infeksi jamur apakah bisa sembuh secara total dan apakah saya bisa mengkonsumsi kembali makanan tersebut? trus dok apakah gejalanya org alergi?

#6
Staff 28/06/2016
Public

Mengoleskan salep antijamurnya agar infeksi jamur teratasi dengan tuntas dan tidak berulang lagi dilakukan minimal 2 minggu, bila masih terdapat luka dan gatal setelah 2 minggu cobalah lanjutkan hingga semua luka bersih dan teratasi. Dan infeksi jamur dapat sembuh total asalkan kebersihan tetap di jaga. Sedangkan bila memang alergi kemungkinan baru muncul diusia dewasa memang agak jarang, untuk memastikannya silakan lakukan dahulu test alergi di laboratorium dan klinik alergi. 

#7
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.