1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat, Penyakit Jantung koroner adalah penyakit yang diakibatkan oleh plak di pembuluh darah arteri yang sangat berlebihan membuat saluran arteri ini menyempit sehingga tidak mampu untuk memasok darah dan oksigen ke jantung. Akibatnya aliran darah menjadi terhambat dan orang yang menderita tersebut telah terjangkit penyakit jantung koroner. Jantung koroner juga mengakibatkan rasa nyeri pada dada dan berujung serangan jantung. Berikut ini gejala yang umum terjadi pada penyakit jantung koroner :

  • Perasaan nyeri yang terdapat pada dada seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di dalam dada dan meremas-remas atau disebut dengan angina.
  • Perasaan terbakar pada bagian dada Sesak nafas Sesak di bagian dada
  • Perasaan mual Sering pusing
  • Mati rasa pada bagian dada
  • Detak jantung tidak teratur dan sering kali cepat

Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua penderita serangan jantung mengalami sakit dada yang parah. Indikasi serangan jantung bukan ditentukan oleh tingkat keparahan sakit dada, melainkan dari kombinasi gejala yang dirasakan, jika sobat mengalami salah satu gejala diatas lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti ekg, dll. terima kaih, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.