1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat, jerawat adalah peradangan pada kelenjar lemak dan bisa sembuh dengan sendirinya. kelenjar yang meradang biasanya menonjol, berwarna merah, kadang bernanah, kadang mengelilingi komedo sehingga berbentuk hitam beberapa penyebab yang mungkin adalah faktor stress, faktor keturunan, faktor obat dan bakteri, faktor hormonal dan faktor diet(mbanyak mengkonsumsi makanan berlemak), faktor iklim dan faktor lingkungan. Pengobatannya terbagi 2, pengobatan secara topikal(berbentuk cream) dan pengobatan sistemik melalui konsumsi obat, yang tentunya bisa diberikan jikan sobat berkonsultasi secara langsung kepada dokter. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari jerawat adalah sebagai berikut:
a) Menghindari terjadinya peningkatan jumlah lipis sebum dengan cara diet rendah lemak dan karbohidrat serta melakukan perawatan kulit untuk membersihkan permukaan kulit dari kotoran.
b) Menghindari terjadinya faktor pemicu, misalnya : hidup teratur dan sehat, cukup berolahraga sesuai kondisi tubuh, hindari stres; penggunaan kosmetika secukupnya; menjauhi terpacunya kelenjar minyak, misalnya minuman keras, pedas, rokok, dan sebagainya. terima kasih, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.