hepatitis b

salam dok
saya wanita umur 23. menikah 1.3 th belum prnh hamil
2 minggu kmrwn saya mengalami diare. badan demam.mudah lelah.
urin berwarna pekat seperti teh dan mata menguning dan gatal2. hasil USG ada pembengkakan di hati. periksa di lab HBsAg positif. SGPT 528 SGOP 135.
dikasih vitamin curcuma dan liver prime oleh dkter spesialis dalam
setelah konsumsi 2 minggu wrna uring sudah beninh.mata tidak lagi kuning dan tidak lagi diare.hasil USG ke2 hati sudah normal tidak ada lagi pembengkakan

apakah hepatitis sy ini berbahaya dok.dg perubahan yg saya alami skr apa ada kemungkinan untuk sembuh total

2 answer

Staff 24/06/2016
Public

Sore Sobat,
Perlu diketahui ada beberapa macam jenis virus Hepatitis, yang banyak terdapat di Indonesia adalah Hepatitis A, B dan C. Virus Hepatitis A dapat sembuh ( dalam artian virus dapat hilang sepenuhnya dari tubuh), namun Hepatitis B dan Hepatitis C tidak dapat sembuh (dalam artian virus akan tetap ada dalam tubuh seumur hidup). Hepatitis B atau C tersebut memang akan terus ada, namun dapat dijaga agar virus berjumlah sedikit dan tidak aktif (dalam kondisi dorman atau “tidur”) untuk mencegah komplikasi jangka panjang, dan menjaga agar tidak terjadi penularan ke orang lain. Penanganan penyakit dapat bervariasi tergantung kondisi kesehatan secara umum, kondisi liver, dan jumlah virus — dapat berupa pemantauan berkala (pemeriksaan rutin kondisi liver dan jumlah setiap beberapa bulan atau tahun, tidak perlu obat apa-apa), atau bisa memerlukan pengobatan rutin. Untuk keluarga atau orang yang tinggal serumah pun, diperlukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi apakah telah mengidap Hepatitis B tersebut, dan jika belum perlu divaksin Hepatitis B untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah penularan. Jika Sobat mengidap Hepatitis B, Sobat perlu berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Kontrol penyakit Hepatitis B ini sangat penting dilakukan, karena jika dibiarkan tidak terawasi/ terkontrol, dalam jangka panjang (umumnya 20 tahun kemudian) dapat terjadi komplikasi berat seperti kanker hati, gagal hati (sirosis hati) yang sangat mengganggu kualitas hidup dan dapat berakibat fatal. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1

terimakasih jawabannya dok
oya selain hepatitis sya saat haid terakhir kmren mengalmi bengkak di payudara.
payudara mengeluarkan cairan spt susu saat di tekan. berwarna sedikit bening dri asi
apa ada kaitannya dg hepatitis.apa berbahaya dok.
saya belum pernah hamil

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.