Keputihan

ass.. dok saya yoan, wanita berusia 22th. saya mengalami keputihan seingat saya sejak saya SMA , saya mengalami keputihan setiap hari. tekstur nya seperti bubur agak cair, warna putih susu kalo menempel di celana dalam jadi nya agak kekuningan, tidak berbau , tidak gatal tpi biasa nya ada juga muncul gatal tpi jarang. yg mau saya tanyakan apa penyebabnya dan berbahayakah keputihan yg saya alami selama ini dok?
di tunggu jawaban nya dok , terima kasih 🙂

1 Jawaban Dokter

Staff 23/06/2016
Public

Selamat malam Yoan,
Keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada wanita. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi.
Saat mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir yang diproduksi oleh serviks atau leher rahim dan kelenjar dalam vagina ini akan keluar dengan membawa sel-sel mati serta bakteri.
Jumlah, warna, serta kekentalan lendir karena keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami. Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau, dan tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina. Bila hanya sedikit terasa gatal dan tidak mengganggu maka dikatakan masih dalam batas normal.

Jika mengalami keputihan dengan gejala berbeda, sebaiknya waspada. Misalnya, ada perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut.
Pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis kandungan dapat Anda lakukan agar dapat mendapat penanganan yang sesuai.

Jaga kebersihan kelamin, dengan membersihkan hanya menggunakan air hangat dan sabun berbahan ringan.
Jangan menggunakan celana atau rok yang ketat
Basuh kemaluan dari depan ke belakang
Jangan menggunakan bahan beraroma kuat untuk vagina dan gunakan sabun dengan pH netral.
Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Sobat.
Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.