bibir bernanah,mengelupas,

assalamualaikum..saya ingin bertanya supaya bibir saya cepat sembuh bagaimana caranya?..saya sudah diamkan selama 4 hari tapi tak kunjung sembuh..sehingga merambat ke pada kulit kumis sampai menyebabkan kulit mengelupas..saya mau tau berapa hari kulit dan bibir dapat sembuh total..di mohon bantuan nya terima kasih pak/ibu dokter

4 answer

Staff 21/06/2016
Public

Hi Sobat, 
Kekurangan asupan cairan dan juga vitamin C mungkin dapat menyebabkan kondisi yang anda alami. Bila memang anda sedang menjalani ibadah puasa maka perbanyaknya asupan cairan dan buah-buahan kaya vitamin C saat sahur dan berbuka, dan janganlah membasahi bibir dengan air liur, karena tindakan ini pula yang membuat bibir semakin kering, alangka lebih baik bila dapat menggunakan lip balm yang juga menggandung vitamin E untuk membantu memperbaiki lapisan kulit dan bibir yang mengering tersebut.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Staff 21/06/2016
Public

Untuk kesembuhan tergantung kondisi tubuh dan asupan Anda. Normalnya memang kebutuhan per hari vitamin C yang dianjurkan hanya 200-300 mg, hanya untuk kondisi tubuh yg kurang fit dan bermasalah seperti Anda cukup yg 500mg, kelebihan vitamin C pun akan dikeluarkan melalui urine sehingga tidak akan terjadi penimbunan yang berlebih dalam tubuh. Sedangkan untuk vitamin E ada baiknya menggunakan yang topikal saja untuk membantu mempercepat perbaikan jaringan bibir yang rusak. 

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.