saya sering sedih tampa sebap jika saya sedih saya ingin bunuh diri

saya merasa begitu aneh saya suka menangis dan saya suka bersedih dan jika saya bersedih saya ingin bunuh diri. tapi adakala nya saya bgtu bersmngat bgtu bahagia kadang saya susah tdur dan jika rasa ny mulai kumat saya pasti lari kmnuman keras atau obat2an. tolong dok saya sbnar ny kena pnyakit ap?

1 Jawaban Dokter

Staff 21/06/2016
Public

Halo Sobat,
Keluhan Sobat mengarah kepada diagnosis Gangguan Afektif Bipolar. Gangguan ini ditandai oleh episode berulang (sekurang-kurangnya dua) yang menunjukkan pada waktu tertentu terjadi peninggian suasana perasaan (mood) serta peningkatan energi dan aktivitas (mania atau hipomania), dan pada waktu lain berupa penurunan suasana perasaan (mood) serta pengurangan energi dan aktivitas (depresi), dan biasanya ada periode penyembuhan sempurna antar episode. Episode mania biasanya terjadi dengan tiba-tiba dan berlangsung antara 2 minggu sampai 4-5 bulan (rata-rata 4 bulan), sedangkan depresi cendrung berlangsung lebih lama rata-rata sekitar 6 bulan yang mana pada orang tua dapat berlangsung 1 tahun.
Keluhan yang Sobat rasakan mengarah kepada suatu ketidaksehatan jiwa dan sebaiknya Sobat berobat ke dokter spesialis kesehatan jiwa. Perasaan ingin bunuh diri tersebut merupakan tanda depresi berat. Sobat dianjurkan untuk menyalurkan kesedihan ke aktivitas yang positif, seperti berolahraga secara rutin.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.