1 Jawaban Dokter

Staff 21/06/2016
Public

Halo Sobat,
Banyak faktor penyebab kerontokan rambut seperti: pemakaian sampo yang tidak tepat, rambut sering ditarik-tarik, stres, nutrisi serta umur; juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Ada yang disebabkan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, pada jenis ini sel darah putih akan menyerang sel-sel folikel rambut, serta akan menghambat pertumbuhan sel-sel tersebut.
Terapi yang ditawarkan seperti kortikosteroid, imunoterapi kontak, fototerapi, fotokemoterapi, minoksidil, ditranol, wig dan transplantasi rambut. Namun, yang saat ini sering digunakan adalah dengan minoksidil topikal ataupun kombinasi dengan oral. Minoksidil merupakan vasodilator, biasanya digunakan per oral serta dapat memicu penurunan tekanan darah. Sebuah studi double blind melaporkan pemberian minoksidil 1% topikal dapat menumbuhkan rambut lebih signi kan dibandingkan kelompok plasebo. Tingkat efektivitas minoksidil cukup baik yaitu dapat meningkatkan kecepatan pertumbuhan rambut hingga 25%. Rambut baru yang tumbuh dengan minoksidil ini akan lebih lembut dan lebih kecil seperti rambut bayi serta biasanya mulai tumbuh dari bagian atas kepala. Efek samping yang dilaporkan: iritasi kulit, nyeri kepala, serta peningkatan irama denyut jantung.
Jika keluhan tidak kunjung membaik, Sobat dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diperiksa lebih lanjut. Jangan lupa untuk makan makanan bergizi dan berolahraga secara rutin, tidak merokok dan tidak minum alkohol.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.