belum hamil

dok sy riska umur 25 tahun keluhan sy sdh setahun lebih menikah tapi sampai saat ini belum juga diberikan momongan. bulan kemarin sy usg katanya dokter uterus sy retroflexi dengan endocercivitis dan PID.
mohon penjelasannya dok.?
makasih

2 answer

Staff 19/06/2016
Public

Halo Sobat,

  • Uterus yang normal membentuk sudut anteflexi, namun uterus yang membentuk sudut retroflexi tidak menghalangi keinginan Sobat untuk memiliki anak.
  • Endocervicitis merupakan keadaan peradangan pada lapisan mukosa dari permukaan kanal serviks, biasanya disebabkan oleh infeksi atau iritasi. Jika berlangsung terus dalam waktu yang lama maka hal itu bisa menghambat proses kehamilan karena produksi lendir yang tidak normal dapat mengganggu kemampuan sperma untuk bertemu dengan sel telur. Jika saat kehamilan peradangan masih berlangsung, maka kemungkinan terjadi keguguran besar.
  • PID, yaitu Pelvic Inflammatory Disease, adalah peradangan pada panggul, dapat meliputi tuba fallopi, rahim, ovarium, dan atau leher rahim.

Faktor resiko tersering dari endocervicitis dan PID adalah penyakit menular seksual. Untuk lebih baiknya, Sobat berkonsultasi kembali mengenai keluhan Sobat dan hasil USG tersebut agar dapat dievaluasi mengenai tatalaksana yang sudah diberikan maupun belum. Selama menderita penyakit tersebut sebaiknya Sobat tidak berhubungan seksual terlebih dahulu dengan pasangan Sobat, agar jika benar terbukti merupakan suatu penyakit menular seksual maka tidak terjadi keadaan ping-pong. Jangan lupa untuk makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.