kaki & tangan seperti cacar

kaki dan tangan saya gatal, merah, lalu melepuh dalam nya ada cairan, seperti cacar, tapi besar-besar. saya takut anak-anak tertular. Jadi saya harus minum obat apa saja dok? lalu bekas luka nya di berikan apa, supaya tidak meninggalkan bekas hitam di kulit kaki & tangan saya. Terimakasih dokter.

2 answer

Staff 19/06/2016
Public

Halo Sobat,
Sebelumnya perlu diketahui di bagian mana lepuhan tersebut muncul? Apakah disertai demam atau tidak? Apakah disertai nyeri atau tidak? Lepuhan di kulit dapat disebabkan oleh infeksi maupun non infeksi. Jika disebabkan oleh infeksi, kemungkinan besar akan dapat menular ke anak-anak Sobat, namun jika hanya non infeksi seperti alergi maka kemungkinan besar tidak akan menular.
Jika hanya ada keluhan gatal dan timbul lepuhan di kulit tanpa ada demam atau rasa nyeri, kemungkinan besar disebabkan oleh alergi. Untuk rasa gatal dapat dihilangkan dengan obat cetirizin dan dapat dikonsumsi 2x sehari, namun tidak menghilangkan penyebab utama dari lepuhan tersebut. Atau sebaiknya Sobat berkonsultasi ke dokter terdekat atau ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai lepuhan tersebut, karena mengingat banyak sekali penyakit dengan gejala timbul lepuhan. Perawatan di rumah Sobat dianjurkan untuk tidak menggaruk-garuk lepuhan tersebut dengan kuku karena akan mengikis kulit dan meningkatkan resiko infeksi sekunder karena bakteri, Sobat juga dianjurkan untuk makan makanan bergizi dan berolahraga secara rutin minimal 3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.