tidak haid tapi keputihan

dok 3 tahun yang lalu saya sudah pernah melahirkan bayi melalui proses secar,, setelah melahirkan baru 5 bulan kemudian saya baru kb 1 bulanan rutin, awalnya saya haid lama kelamaan saya sudah tidak haid lagi tp saya mengalami keputihan, yang saya mw tanyakan kondisi saya baik-baik saja atau bermasalah, dan apakah peristiwa saya ada hubungannya dengan monepous sedangkan usia saya masih terbilang muda.
terimakasih dok.

1 Jawaban Dokter

Staff 17/06/2016
Public

Sore Sobat,
Keputihan ada yang normal (bukan penyakit) dan ada pula yang tidak normal (disebabkan penyakit). Keputihan yang normal bercirikan warna putih-bening, bentuk seperti lendir encer hingga seperti ingus kental, tidak berbau busuk, tidak membuat gatal ataupun nyeri, dan tidak membuat perubahan kulit pada daerah selangkangan (misalnya bengkak, luka, ada benjolan, dll).¬†Adapun hal yang Sobat alami bisa jadi merupakan efek yang wajar dari penggunaan KB suntik (atau KB hormon lainnya, misalnya pil KB, susuk KB, suntik KB). Pada pengguna KB hormon dapat terjadi haid yang berkurang atau tidak haid sama sekali (hanya keputihan beberapa hari) — hal ini tidak mengganggu kesehatan, dan tidak ada hubungannya dengan menopause.
Jika keputihan terjadi secara terus menerus hingga berminggu-minggu, sebaiknya Sobat memeriksakan diri secar alangsung ke dokter untuk membedakan apakah keputihan tersebut normal atau tidak. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.