Cara cepat hamil rahim retro

Dok, usia saya sekarang 30 thn, suami 35 thn. Kami sudah menikah selama 4 thn. Sampai saat ini kami belum mempunyai keturunan. Pernah melakukan konsultasi dokter tahun 2014. Suami menjalani test sperma dgn hasil normozoospermia, viabialitas menurun, uji hos rendah. Dan saya menjalani test HSG dgn hasil uterus retrofleksi, bentuk & besar kavum uteri dlm batas normal, dinding rata, tak tampak luput isi, kedua tuba terisi kontras dgn baik, tak tampak obstruksi/pelebaran tuba, tdk ada peritubal fillings, spill++. Kesan HSG normal, kedua tuba patent.

Pertanyaan nya dengan kondisi dan hasil test kami diatas bagaimana cara saya untuk cepat hamil? Bantuan medis dan non medis apa lagi yang perlu kita jalankan? Obat atau vitamin apa yang perlu di konsumsi? Terima kasih

2 answer

Staff 17/06/2016
Public

Malam Sobat,
Sulit hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu hubungan intim dilakukan di saat yang kurang tepat (bukan di masa subur wanita), masalah pada kesuburan pria, masalah pada kesuburan wanita, atau gabungan keduanya. Dari hasil pemeriksaan, Sobat memiliki saluran indung telur yang baik, bentuk rahim yang retrofleksi umumnya tidak berpengaruh pada kesuburan wanita. Pada suami Sobat, terdapat masalah bahwa sperma ketahanannya tidak cukup kuat — hal ini dapat menjadi masalah karena untuk melakukan pembuahan, sperma harus bertahan lama di dalam saluran reproduksi wanita, jika viabilitas menurun maka sperma akan keburu mati sebelum sempat membuahi sel telur. Sobat dapat mencoba merutinkan hubungan intim (misalnya seminggu 2-3 kali), terutama pada masa subur wanita (jika wanita memiliki siklus haid teratur, maka masa subur adalah sekitar 2 minggu sebelum jadwal haid berikutnya).  Pada saat ini, untuk memudahkan penghitungan masa subur terdapat beberapa aplikasi elektronik yang dapat diunduh di telepon seluler/ smartphone untuk menghitung kalender menstruasi dan masa subur — hal ini dapat digunakan untuk membantu menentukan waktu yang tepat berhubungan intim. Jika Sobat dan pasangan ingin berkonsultasi masalah kesuburan dan program kehamilan, dapat dilakukan dengan dokter spesialis kandungan (ahli fertilitas). Jika diperlukan, dokter dapat menganjurkan metode bantuan reproduksi yang sesuai bagi Sobat, misalnya dengan cara inseminasi buatan. Semoga saran ini membantu Sobat.
Adapun suplemen yang dapat Sobat minum adalah suplemen gizi, seperti zat besi dan asam folat, hal ini berguna untuk mempersiapkan kecukupan gizi calon ibu hamil, agar saat terjadi kehamilan nantinya janin akan berkembang dengan baik dan sehat. Obat penyubur tidak boleh Sobat minum tanpa pengawasan dokter kandungan, karena obat-obatan tersebut memiliki banyak efek samping yang dapat membahayakan ibu tersebut ataupun janin (jika terjadi kehamilan). Obat penyubur hanya boleh dipakai jika diberikan oleh dokter kandungan setelah melalui pemeriksaan lengkap dan dengan pengawasan dokter kandungan.

#1

Terima kasih atas jawaban nya dokter..

Dari jawaban diatas, saya ingin menanyakan solusi untuk masalah pada suami agar sperma dpt bertahan lama? Misalnya suplement, vitamin atau penanganan medis apa yg diperlukan.

Untuk informasi tambahan Siklus haid saya dalam 2 bulan terakhir adalah sbb: tgl 9 mei\\'16 dan tgl 7 juni\\'16. Kapan perkiraan yang baik untuk masa subur atau pembuahan?
Saat ini saya telah mengkonsumsi suplement asam folat 400iu. Terima kasih.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.