apakah menjilat celana dalam basah dapat menyebabkan hiv

halo dok
jadi 1 atau 2 tahun yang lalu saya bersama teman saya berenang di villa, jadi setelah berenang teman saya menggantungkan celana dalamnya yang masih asah di gantungan kamar mandi, habis itu saya masuk ke kamar mandi dan langsung mencium, menjilat, dan masturbasi dengan celana dalam yang masih basah itu. saya tidak ingat ada cairan vagina di sana tapi saya sangat yakin bahwa tidak ada darah di celana dalamnya. saya tidak tahu apakah teman saya pernah melakuka seks atau tidak (menurut saya tidak pernah) dan dia juga tidak pernah menggunakan narkoba apapun. tapi tidak lama ini teman saya mengalami biduran yang banyak di tubuhnya selama 2 bulan dan masih belum sembuh dan juga kaki saya tumbuh 1 kurap selama 2 bulan dan masih belum sembuh.
jadi pertanyaan saya:
1. apakah saya dapat terinfeksi hiv, hepatitis ataupun penyakit lainnya karena menjilat celana dalam teman saya yang masih basah?
2. apakah biduran teman saya dan kurap saya memiliki hubungan dengan hiv?
3. apakah menjlat celana dalam termasuk oral seks?
4, saya tidak pernah seks ataupun menggunakan narkoba apakah saya dapat terinfeksi hiv, hepatitis atau penyakit lainnya?
5. apaha teman say terinfeksi hiv,hepatitis atau penyaki lainny?( dia tidak pernah mengalami penyakit kelamin dan kulitnya tidak pernah menjadi kuning)
6. dan satu pertanyaan lagi, dulu teman saya(yang lain) pernah minta minuman saya, pada saat minum botolnya tidak menyentuh mulutnya . jadi apakah ada resiko terinfeksi hiv, hepatitis atau penyakit lain?
7. apakah saya terlalu cemas?
terima kasih dokter saya tunggu balasannya

1 Jawaban Dokter

Staff 14/06/2016
Public

Hi Sobat,
Bila anda terlalu kawatir dan cemas memang sebaiknya lakukan pemeriksaan Anti HIV dan Anti Hepatitis C di laboratorium untuk memastikan kondisi anda. Tindakan menjilat celana dalam bukanlah kegiatan oral seks, dan HIV dan Hepatitis C  tidak menular dengan meminjam peralatan makan bersama. Sedangkan untuk kelainan kulit yang anda dan teman anda alami sebaiknya dilakukan pula pemeriksaan fisik oleh dokter untuk mengatahui seperti apa luka dan kondisinya sehingga penanganannya pun sesuai dengan kondisi yang anda alami.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.