1 Jawaban Dokter

Staff 13/06/2016
Public

Halo Sobat,
Nyeri perut kanan bawah banyak sebabnya. Dimulai dari otot sampai organ dalam alat pencernaan maupun alat reproduksi (pada wanita). Perlu diketahui apakah sebelumnya ada riwayat trauma atau mengangkat benda berat atau tidak, apakah disertai demam, apakah disertai mual dan muntah, apakah ada penurunan berat badan atau tidak, apakah rajin berolahraga atau tidak.
Penyakit yang paling sering disertai gejala nyeri perut kanan bawah yaitu appendicitis (usus buntu), namun untuk menegakkan diagnosis appendicitis tidak hanya dari anamnesis namun harus dilakukan pemeriksaan fisik yang khas. Untuk itu, sebaiknya Sobat berkonsultasi ke dokter terdekat untuk dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik lebih lanjut sehingga cepat mendapatkan penanganan, karena jika tidak appendicitis yang tidak ditangani akan menyebar infeksinya ke seluruh perut, sehingga tindakan pembedahan akan lebih sulit dari biasanya.
Namun, perlu diingat juga, Sobat harus makan makanan yang bergizi, rajin berolahraga minimal 3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.