2 answer

selamat pagi sobat, gatal-gatal di daerah selangkangan bisa disebabkan oleh pengaruh jamur di kulit yang paling sering adalah penyakit Tinea Cruris,
Tinea cruris atau yang biasa disebut dengan jock itch adalah infeksi fungi atau jamur yang menjangkiti kulit di bagian paha dalam, sekitar kelamin, dan bokong sebagai penyebab munculnya ruam berwarna merah yang biasanya berbentuk lingkaran dan terasa gatal.
Tinea cruris biasa menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, seperti atlet, namun banyak diderita juga oleh orang-orang yang mengalami obesitas. Penyakit ini bukanlah penyakit yang serius, namun sering menimbulkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tidak nyaman, Tinea cruris dapat didiagnosis dengan tes kultur, yaitu dengan cara mengambil sampel area yang terinfeksi atau kulit yang terkelupas dan memeriksanya dengan menggunakan mikroskop, namun biasanya tinea cruris dapat didiagnosis oleh dokter hanya dengan melihat ruam yang terdapat pada pasien, kelembaban yang tinggi di daerah tersebut menyebabkan jamur semakin cepat perkembangannya. Karena sobat sudah mengalami ini selama 6 bulan sobat sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, bisa dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin. terima kasih, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.