Susah BAB dan feses keras

Anak saya laki-laki 1 tahun, susah BAB dan feses keras, semenjak 11 bulan kemarin BAB mulai keras, tiap kali BAB cuma sebiji kecil aja dan mengenjan. Kemarin pernah berkonsultasi ke dokter dan minum grapalac tiap pagi. Sekarang tiap hari konsumsi bubur yang dihaluskan sehari 2 kali, minum susu dan air putih +/- 200ml per hari, tapi kalo BAB ujung depan keras dan kadang sampai ke mau habis baru agak encer dan harus mengenjan. Bagaimana caranya supaya BAB lancar dan encer Dok? Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Pertama-tama untuk bisa BAB dengan lancar perlu keseimbangan antara jumlah makanan, jumlah serat, jumlah cairan atau air putih dan toilet training.
Berarti ibu perlu menelaah jumlah makanan, jumlah serat, dan jumlah cairannya serta mencari apakah ada makanan tertentu yang anak ibu alergi. dan jangan lupa lakukan toilet training pada anak ibu. bila masih belum teratur, coba tambahkan obat probiotik 1x/hari bu. bila masih belum bisa juga, sebaiknya ibu ke dokter anak ahli pencernaan untuk diberikan obat untuk melancarkan BAB dahulu. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.