Bagaimana cara menghilangkan bercak putih di wajah

Nama saya Eca, 16th.

Waktu kelas 6 sampai kelas 7 di wajah saya terdapat bercak putih-putih pernah konsultasi ke dokter katanya ini bukan panu melainkan akibat sinar matahari. Saya dikasih obat racikan + sunblock. Dokternya bilang kalau memang sudah hilang krim racikannya gak usah dipakai lagi.

Sekarang saya kelas 10, baru-baru ini bercak-bercaknya muncul lagi. Apa memang masalah seperti ini kambuhan? Saya harus gimana ya dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 28/05/2016
Public

Sore Sobat,
Bercak putih (yang bukan jamur) dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain pityriasis alba, dan sebagainya. Pada kondisi pityriasis alba ini penyebab penyakit belum diketahui secara jelas, namun terdapat pengaruh dari paparan sinar matahari / ultra violet ke kulit — hal ini memang dapat kambuh kembali. Namun demikian, berhubung ada banyak penyebab bercak putih di kulit, Sobat perlu memeriksakan diri secara langsung ke dokter/ dokter kulit agar dapat dilihat kondisi kulitnya secara langsung dan dipastikan apa penyebabnya –baru dapat diberikan pengobatan yang tepat. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.