vagina tdk djahit

met sor dok.. q ibu rmh tangga umur 32 thn,, q sdah mlahirkan 2 x secara normal dan tdk prnah dijahit,, skarang vagina trasa longgar.. yg mau saya tanyakan apakah vagina bza dijahit walau tdak hbiz mlahirkan dok, q mlhirkan yg trakhir udah 2004 .. mksih

2 answer

Staff 28/05/2016
Public

Sore Sobat,
Jahitan pada vagina hanya diperlukan jika terjadi robekan/ luka pada vagina saat melahirkan. Jika tidak terjadi robekan/ luka saat melahirkan, maka memang tidak perlu dijahit. Adapun vagina yang terasa lebih “longgar” setelah melahirkan adalah hal yang wajar terjadi, karena jaringan elastis pada vagina menjadi berkurang sehabis melahirkan. Sobat dapat mencoba senam / latihan untuk otot dasar panggul untuk membantu mengencangkan vagina dan juga berguna pada usia lanjut agar tidak mudah mengompol. Latihan ini disebut sebagai latihan Kegel — cara memulai latihan Kegel cukup sederhana, yaitu:
(1) posisikan tubuh dalam posisi yang nyaman (untuk pemula lebih baik mengambil posisi berbaring telentang agar lebih mudah),
(2) kencangkan otot dasar panggul, gerakan ini dilakukan seperti saat sedang menahan buang air kecil. Tahan selama 5 detik, kemudian lemaskan kembali 5 detik — ulangi hingga 4-5 kali. Bila dapat mengulang hingga 10 kali maka lebih baik.
(3) lakukan langkah di atas sebanyak 3 kali sehari.
Langkah latihan Kegel dan petunjuk bergambar untuk melakukannya banyak tersedia di internet, sumber berbahasa Indonesia misalnya dapat dilihat di http://senamkegel.org/ . Semoga saran ini membantu Sobat.

#1

maaf dok .yang q mksud tdi tu krna dlu memang ada luka robek dok tp tdk dijahit krna dl melahirkannya di rumah sja. mohon pnjelasannya ya dok , ap saat\\\” sekarang ini msh bsa di jahit. selain mlakukan saran dkter di atas tadi.

#2
  1. Sore Sobat,
    Luka di jalan lahir/ vagina saat melahirkan terbagi menjadi 4 derajat sesuai dengan tingkat kedalaman/ keparahan luka. Tidak semua luka harus dijahit, jika luka hanya dangkal (luka derajat 1), maka memang tidak perlu dijahit -- untuk menentukan derajat luka ini dokter/ bidan harus memeriksa kondisi jalan lahir secara langsung. Oleh karena itu, Sobat perlu memeriksakan diri dahulu secara langsung ke dokter/ bidan untuk dilihat kondisi jalan lahir/ vagina nya. Jika masih terdapat luka terbuka, maka baru dijahit. Namun, jika luka sudah sembuh sendiri maka tidak perlu dijahit. Semoga saran ini membantu Sobat.
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.