2 answer

Staff 27/05/2016
Public

Halo Sobat,
Sakit kepala yang didahului mual atau muntah, sering disebabkan oleh dispepsia. Dispepsia merupakan kumpulan gejala berupa keluhan nyeri, perasaan tidak enak perut bagian atas yang menetap atau episodik disertai dengan keluhan seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang, kembung, sendawa, anoreksia, mual, muntah, heartburn, regurgitasi. Keadaan ini akan membuat rasa ketidak-inginan untuk makan, dan akan menyebabkan sakit kepala.
Adapun keadaan yang sebaliknya, yaitu mual atau muntah yang didahului oleh sakit kepala, sering disebabkan oleh vertigo. Vertigo secara definitif merupakan ilusi gerakan, dan yang paling sering adalah perasaan atau sensasi tubuh yang berputar terhadap lingkungan atau sebaliknya, lingkungan sekitar kita rasakan berputar.
Untuk sementara, Sobat dapat minum obat lansoprazole 2x sehari dan asam mefenamat 3x sehari untuk menghilangkan keluhan tersebut. Jika dalam 3 hari keluhan tidak kunjung membaik, sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan lupa untuk menghindari rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.