2 answer

Staff 25/05/2016
Public

Malam Sobat,
Penyebab haid yang tidak teratur ada bermacam-macam, pada usia muda umumnya disebabkan karena hormon yang tidak seimbang. Namun, untuk memastikan apa penyebabnya dan cara mengatasi yang tepat, Sobat harus memeriksakan diri secara langsung ke dokter/ dokter kandungan — tidak bisa online saja.
Mengenai sulit hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu hubungan intim dilakukan di saat yang kurang tepat (bukan di masa subur wanita), masalah pada kesuburan pria, masalah pada kesuburan wanita, atau gabungan keduanya. Sobat dapat mencoba merutinkan hubungan intim (misalnya seminggu 2-3 kali), terutama pada masa subur wanita (jika wanita memiliki siklus haid teratur, maka masa subur adalah sekitar 2 minggu sebelum jadwal haid berikutnya).Jika Sobat dan pasangan ingin berkonsultasi masalah kesuburan dan program kehamilan, dapat dilakukan dengan dokter spesialis kandungan (ahli fertilitas).
Mengenai obat-obatan, SObat dapat mengkonsumsi vitamin/ suplemen untuk mempersiapkan kecukupan gizi bagi janin saat terjadi kehamilan nantinya. Suplemen ini meliputi zat besi dan asam folat, dan bisa didapatkan melalui bidan ataupun dokter bagi wanita yang berencana hamil. Adapun obat-obatan penyubur adalah obat yang tidak boleh dipakai sembarangan — karena dapat menimbulkan banyak efek samping yang membahayakan bagi ibu ataupun janin (jika terjadi kehamilan). Obat penyubur hanya boleh dipakai setelah melalui pemeriksaan oleh dokter kandungan dan dipakai dalam pengawasan dokter. Semoga saran ini membantu Sobat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.