Sering mau pingsan

Selamat pagi dokter, saya mau tanya.
Bapak saya beberapa hari lalu saya bawa ke dokter, menurut dokter yang memeriksa, diagnosa sementara DBD. Tapi karena sudah melewati masa kritisnya ( 1 Minggu lebih ), jadi cuma rawat jalan. Sekarang kondisinya mulai membaik, karna sudah ada selera makan. Cuma kalau dibawa jalan, masih sering mau pingsan / sempoyongan. Waktu saya bawa ke dokter tekanan darahnya 110/80.
Misalkan mau saya bawa ke laboratorium untuk cek darah, kira2 pemeriksaan apa saja yang harus dilakukan ?
Sebelumnya bapak saya ada riwayat hb rendah ( dibawah 10 ), gula darah juga pernah naik dari batas normal ( tapi cuma sekali aja ).
Saya mohon bantuannya dok untuk menentukan pemeriksaan apa saja di laboratorium nanti ?

1 Jawaban Dokter

Staff 25/05/2016
Public

Sore Sobat,
Rasa mau pingsan dapat disebabkan karena berbagai hal, antara lain anemia, terlalu lama perawatan (dalam posisi tidur/berbaring terus) sehingga tubuh belum terbiasa dalam posisi berdiri, dan sebagainya. Umumnya tubuh memerlukan waktu 1-2 minggu untuk beradaptasi. Secara umum Sobat belum perlu melakukan pemeriksaan darah/ laboratorium, hanya perlu menjaga makan teratur dan istirahat cukup. Jika 1-2 minggu setelah pulang rawat inap, Sobat masih tetap sering terasa mau pingsan, barulah berobat/ memeriksakan darah kembali. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
  1. Sore Sobat,
    Darah perifer lengkap saja umumnya sudah cukup. Jika hasilnya memang ada anemia, maka pusing / rasa mau pingsan dapat dipengaruhi oleh hal tersebut. Sobat juga dapat membawa orang tua untuk berkonsultasi kembali dengan dokter yang menangani selama perawatan. Semoga saran ini membantu Sobat.
  2. Namun jika saya tetap ingin melakukan cek laboratorium, kira2 apa saja yang harus diperiksa ? Karena saya takut saja kalau sampai terlambat menangani kesehatan ortu saya, berhubung sakitnya sudah hampir 2 Minggu & sudah dibawa ke dokter bahkan disuntik juga.
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.