1 Jawaban Dokter

Staff 24/05/2016
Public

Selamat malam,
Haid biasanya terjadi selama 6-7 hari. Pada periode tersebut tubuh akan mengeluarkan darah melalui vagina. Biasanya gumpalan darah yang keluar berwarna merah cerah atau merah tua dan pekat. Gumpalan darah ini biasanya keluar saat haid masih deras-derasnya atau saat perdarahan yang terberat. Keluarnya gumpalan darah secara berulang membuat darah haid Sobat terlihat lebih kental ketimbang biasanya.
Sebenarnya tubuh melepaskan zat yang bisa mencegah pembekuan darah yang berfungsi mencegah darah haid menjadi gumpalan saat keluar. Tetapi saat awal haid biasanya darah yang keluar lebih banyak sehingga zat pencegah pembekuan darah (antikoagulan) tidak cukup waktunya untuk bekerja. Akibatnya darah yang keluar akan berbentuk gumpalan.
Kondisi ini sebenarnya normal saja dialami setiap wanita, terutama jika gumpalan darah terjadi pada hari-hari pertama, Tetapi keluarnya darah secara berlebihan dan terus menerus bisa jadi mengakibatkan anemia. Jika jumlah gumpalan darah yang keluar tidak normal dan lebih dari masa haid yang normal sekitar 6-7 hari maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.
Terima kasih telah menggunakan tanyadok.
Salam. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.