2 answer

Staff 24/05/2016
Public

Selamat malam,
Penyebab susah hamil dikarenakan infertilitas masing-masing pasangan. Infertilitas oleh pihak istri sebesar 45% meliputi masalah pada saluran telur, masalah ovulasi, endometriosis, rahim dan mulut rahim. 40% infertilitas dari pihak suami meliputi masalah pengeluaran sperma, pematangan dan produksi sperma, infeksi bawaan yang menyebabkan penyempitan saluran sperma, faktor imun, maupun faktor asupan gizi. Sedangkan 10-15% sisanya belum diketahui dan masih belum jelas. Berikut beberapa penyebab wanita susah hamil, yaitu:
-Terlalu Kurus: Wanita yang terlalu kurus pada umumnya sering mengalami gangguan pada siklus menstruasi karena lemak memiliki fungsi dalam pembentukan hormon kesuburan dan pengaturan haid.
-Kegemukan (obesitas): Wanita dengan timbunan lemak bisa mengganggu kinerja organ tubuhnya, termasuk organ reproduksi itu sendiri. Tingginya kadar kolesterol akan mengacaukan keseimbangan hormon sehingga berdampak pada terganggunya siklus menstruasi, haid kadang terlambat datang, atau bahkan sama sekali tidak datang dalam beberapa bulan meskipun tidak hamil.
-Sering Mengalami Stres: Kondisi psikologi yang tereganggu dan tekanan dapat menyebabkan gangguan spermatogenesis, spasme tuba falopi, gangguan ovulasi, dan menurunnya gairah berbubungan suami-istri. sehingga menjadi penyebab kenapa susah hamil
-Polusi Lingkungan: Sebagai contoh, polusi udara karena kebiasaan merokok ataupun timbal buangan dari kendaraan bermotor. Mengandung zat polutan yang terbukti dalam menurunkan kualitas sperma pria. Sama halnya dengan ganja, heroin, maupun kokain bisa mengkibatkan terganggunya sekresi hormon prolaktin dan gonadotropin sehingga pelepasan sel telur pada wanita menjadi terhambat.
-Minuman Beralkohol: Wanita yang menenggak minuman beralkohol akan menekan produksi hormon progesteron dan estrogen, akan tetapi meningkatkan kadar prolaktin sehingga menghambat poses ovulasi. Sedangkan pria yang akrab dengan minumal beralkohol akan mengurangi ukuran testis dan bisa menurunkan volume air mani, mobilitas, morfologi, maupun konsentrasi spematozoa mereka. sehingga juga mempengaruhi penyebab kenapa susah hamil
-Obat-Obatan
-Faktor Usia: Ketika wanita telah memasuki usia 35 tahun, tingkat kesuburan mereka mulai menurun. Di usia 37 tahun, semakin menurun drastis hingga akhirnya memasuki masa menopause di usia 40-45 tahunan. Sel telur wanita pun semakin berkurang setiap kali mereka mengalami menstruasi, dan lama-kelamaan habis ketika telah menopause, yang tentunya menjadi penyebab kenapa wanita susah hamil. Sedangkan pria justru sebaliknya, usia yang semakin bertambah tidak membatasi kesuburan mereka, di mana testis akan senantiasa memproduksi sel-sel spermatozoa sepanjang tidak ada masalah dengan anatominya.
– Aktivitas / Olahraga Terlalu Capek
– Terjadi Sumbatan Pada Vagina
-Kelainan Mulut Rahim Mulut: rahim normal akan mengarah ke depan, sehingga langsung berhadapan dengan dinding belakang vagina. Hal inilah yang memungkinkan sel sperma untuk sampai ke dalam saluran mulut rahim. Jika terjadi penyimpangan dari kondisi normal, seperti posisi rahim yang menghadap ke belakang maka proses pembuahan akan terhambat sehingga menjadi penyebab sulit untuk hamil.
Akan tetapi, kesuburan tidak tergantung pada wanita saja, tetapi juga pada sperma pria. Jumlah sperma yang rendah atau kurang dari 20 juta sperma per mililiter air mani sangat kurang untuk membuahi sel telur.
Sebaiknya Sobat konsultasi langsung ke dokter spesialis andrologi atau spesialis kandungan dan obstetri konsultan fertilitas (Sp. OG, KFER) untuk mencari penyebab serta solusi untuk hamil dan penanganan lebih lanjut.
Terima kasih telah menggunakan tanyadok.
Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.