efek samping tangan terjepit pintu selama bbrp menit

Siang dok, tadi pagi wkt sy berangkat kerja, kira2 jam 7:30 tangan saya terjepit antara tiang besi dan karet pintu busway dok, di Halte Harmoni.
saya terlambat menarik tangan saya. karena ada aktivitas turun-naik penumpang, jadi terjepitnya mungkin sekitar 2 menit dok.
T_T
Saya type orang yg tidak bisa berteriak dok, saya cuma mendorong badan orang sekitar supaya tidak bersandar ke pintu & semakin menekan tangan saya. Saya sangat panik & takut tulang/urat2 sy remuk dok, tapi saya cuma bisa pasrah – menunggu pintu kembali tertutup

http://i1.wp.com/inaguide.com/wp-content/uploads/2016/05/tranjakarta-women-only-section.jpg
sebagai gambarannya, tangan saya awalnya memegang bar stainless steel, pada waktu terjepit, posisi telapak tangan menutupi mur baut, waktu pintu sudah tertutup, & tangan saya tidak terjepit lagi, cap bautnya di telapak tangan saya kelihatan sangat jelas sekali dok. tangan saya gemetaran & nyeri, mungkin karena peredaran darahnya sempat terhenti ya dok?

kira-kira jam 8.15 setelah saya sampai di kantor, sy langsung ijin ke IGD RS terdekat dgn kantor karena masih panik & khawatir dengan otot”/tulang” di telapak tangan saya yg terjepit dok.
Tapi dokter jaga di RS tsb mengatakan tidak apa-apa selama masih bisa menekuk-nekukkan jari & melakukan gerakan mengepal. tidak perlu di rontgen
.
Apa benar demikian dok? bolehkah pasien minta dirontgen untuk sekedar memastikan tidak ada yang cedera di bagian dalam? atau dengan dipencet-pencet dan tes menggerak-gerakkan jari sudah cukup akurat? Terima kasih dok

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat, terima kasih telah bertanya
Benar apa yang dokter IGD katakan. Nyeri yang timbul adalah cedera jaringan lunak yang tidak akan terlihat di rontgen. Sobat bisa mengoleskan krim yang mengandung diclofenac untuk mengurangi nyeri, dan krim yang mengandung heparin sodium untuk mencegah memar.

Semoga dapat bermanfaat. Salam sehat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.