bagaimana cacra mengetahui kontak lense yang kita pakai masuk ke dalam mata? dan pertolongan pertamanya? dan tindak lanjut terhadap kontak lense yang masuk ke bagian dalam mata? dan apakah efek sampingnya ?

ketika saya ingin melepaskan contact lense yang saya pakai seharian (lebih kurang 8 jam) dengan menggunakan tangan yang basah, saya tidak merasakan keberadaan contact lense tersebut di tangan saya, dan penglihatan saya juga langsung kabur yang menandakan contact lense sudah tidak berada di tempat nya (contac lense nya ada minus). kemudian saya kira terjatuh, tapi ketika di periksa di lantai tidak ada sama sekali, saya jadi cemas, apakah contac lense tersebut masuk ke dalam mata ? tetapi saya tidak merasa ada keganjalan dengan mata saya . jadi bagaimana cara nya kita mengetahui contac lense tersebut masuk ke mata bagian dalam? dan pertolongan pertama jika hal tersebut terjadi?, dan tindakan yang harus diambil ketika kejadian tersebut telah terjadi? apakah ada efek samping nya atau bagaimana terhadap penglihatan saya dok?

1 Jawaban Dokter

Halo sobat
efek samping yg terjadi apabila ada benda asing pada mata dan tidak segera dievakuasi adalah adanya infeksi pada mata. Mata dapat menjadi merah dan sering berair. Kemungkinan lensa kontak tersebut masih ada di mata, karena sulit sekali benda tersebut bisa masuk sampai dengan mata belakang yg letaknya lebih dalam. Sobat dapat langsung berkonsultasi dengan dokter mata agar dapat dilakukan oemeriksaan untuk melihat adakah lensa kontak yg tertinggal di dalam mata.
terima kasih. Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.