1 Jawaban Dokter

Staff 21/05/2016
Public

Halo Sobat,
Kemungkinan besar sakit kepala yang ditimbulkan setelah menstruasi selesai berhubunhan dengan kadar sel darah merah dalam tubuh. Pada saat menstruasi, banyak sel darah merah yang dikeluarkan sehingga kadarnya di dalam darah menurun. Pada orang normal, menstruasi tidak akan menyebabkan suatu keadaan anemia. Namun, pada orang-orang yang asupan gizinya kurang, terutama yang mengandung zat besi, maka akan terjadi anemia.
Untuk melihat apakah anemia atau tidak, Sobat coba berdiri di depan cermin kemudian membuka kelopak mata bawah dan dilihat apakah putih pucat, pink atau merah. Putih pucat menandakan suatu anemia. Jika anemia, Sobat dapat mengkonsumsi obat tambah besi 1x sehari, namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.
Jika tidak anemia, maka kemungkinan lain adalah ketidakseimbangan hormon setelah menstruasi. Untuk sementara Sobat dapat mengkonsumsi obat asam mefenamat 500 mg 3x sehari.
Jika keluhan berlanjut, sebaiknya Sobat berkonsultasi ke dokter terdekat untuk diperiksa lebih lanjut mengenai keluhan Sobat lebih akurat.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.