Masalah

Selamat pagi dok,saya mau tanya. Jika berhubungan seksual dengan 1 pasangan tetap dan tidak pernah nerganti2 pasangan,apakah resiko terkena penyakit kelamin masih tetap ada?karena saya tidak pernah berganti2 pasangan begitu juga pasangan saya, dan jika berhubungan seksual,saya kadang2 menggunakan kondom kadang juga tidak. terimakasih..

2 answer

Selamat pagi sobat, saya akan menjelasakan sedikit mengenai infeksi menular seksual, Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang penularannya terutama melalui hubungan seksual yang mencakup infeksi yang disertai gejala-gejala klinis maupun tanpa gejala. Penyebab infeksi menular seksual ini sangat beragam dan setiap penyebab tersebut akan menimbulkan gejala klinis atau penyakit spesifik yang beragam pula. Penyebab IMS dapat dikelompokkan atas beberapa jenis ,yaitu: bakteri, virus, protozoa, jamur dan parasit.

 
Cara penularan IMS adalah dengan cara kontak langsung yaitu kontak dengan eksudat infeksius dari lesi kulit atau selaput lendir pada saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang telah tertular. Lesi bisa terlihat jelas ataupun tidak terlihat dengan jelas. Penularan hampir seluruhnya terjadi karena hubungan seksua (vagina l, oral, anal). Penularan IMS juga dapat terjadi dengan media lain seperti darah melalui
berbagai cara,yaitu:
-Transfusi darah dengan darah yang sudah terinfeksi HIV
-Saling bertukar jarum suntik pada pemakaian narkoba
-Tertusuk jarum suntik yang tidak steril secara sengaja/tidak sengaja
– Menindik telinga atau tato dengan jarum yang tidak steril,

– Penggunaan alat pisau cukur secara bersama-sama (khususnya jika terluka dan menyisakan darah pada alat).
– Penularan juga pada terjadi dari ibu kepada bayi pada saat hamil, saat melahirkan dan saat menyusui (Penularan karena mencium atau pada saat menimang bayi dengan IMS kongenital jarang sekali terjadi)

Dari penjelasan cara penularan di atas resiko terkena IMS mungkin ada tapi kecil kemungkinannya., sekian semoga bermanfaat.
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.