keputihan

4 thn sdh nikah tp blm dikasi mo2ngan.. sdh cek ke dokter tp g ada maslah di rahim..tp aku mengalami keputihan yg hebat dok.. wrnx putih kental dan bau mexengat..keputihan bxk saat dlm masa subur.. gmn solusi tepatx dok..

1 Jawaban Dokter

Staff 18/05/2016
Public

Malam Sobat,
Sulit hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu hubungan intim dilakukan di saat yang kurang tepat (bukan di masa subur wanita), masalah pada kesuburan pria, masalah pada kesuburan wanita, atau gabungan keduanya. Sobat dapat mencoba merutinkan hubungan intim (misalnya seminggu 2-3 kali), terutama pada masa subur wanita (jika wanita memiliki siklus haid teratur, maka masa subur adalah sekitar 2 minggu sebelum jadwal haid berikutnya). Jika Sobat dan pasangan ingin berkonsultasi masalah kesuburan dan program kehamilan, dapat dilakukan dengan dokter spesialis kandungan (ahli fertilitas).
Adapun mengenai keputihan, jika keputihan tersebut berbau tak sedap/ menyengat, maka hal tersebut tidak normal dan dapat menandakan adanya radang pada saluran reproduksi. Radang ini pun dapat menjadi penyebab Sobat sulit memiliki momongan, sehingga harus diobati. Oleh karena itu,  Sobat perlu memeriksakan diri secara langsung pada dokter/ dokter kandungan.Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.