Bekas KP DEXTRA

Hallo Dokter..
saya Adi Supyadi, usia 25 th. berat bdan 70 kg. tinggi.165cm
Dokter, bulan kemarin sya melakukan medical check up. dan hasil dari rontgen adalah. \\\”tampak fibrotik tebal di apex paru kanan (bekas kp dextra)\\\”
dan saya dianjurkan. \\\”Foto Top Lordotik\\\”
Pada Maret 2015. setahun lalu. saya terkena flex paru2. dan dirawat dok. tpi sya sudh menjalani pengobatan dn hasil lab. sya sudah negatif dr flex trsebut.
semenjak sakit dlu berat badan saya hanya 45 kg. setelah menjalani pengobatan, berat badan sya berangsur naik hingga skrg 70 kg. sekarang sya jg sdh tdk prnh ada keluhan soal penyakit paru2 lg dok.
yang mau saya tanyakan, apakah hasil rontgen terbaru sya tersebut bisa di indikasikan bahwa kp.dextra sya kambuh lagi.? atau kah memang hasil rontgen itu hnya menjelaskan bekas kp.dextra? dan apa kp dextra sya aktif.?
Terima kasih banyak sebelumnya dokter.
Salam Hangat

1 Jawaban Dokter

Staff 18/05/2016
Public

Malam Sobat,
Istilah “fibrotik” biasanya digunakan untuk menggambarkan penyakit yang sudah tidak aktif. Untuk tuberkulosis/ flek paru, memang penyakit bisa sembuh dengan pengobatan tuntas (6 bulan), namun bekas penyakit akan terus ada di paru seumur hidup. Penyakit ini akan menimbulkan gangguaan di daerah atas/ apeks paru, daerah ini sulit terlihat dengan posisi foto rontgen biasa — oleh karena itu dokter meminta foto ulang dengan posisi berbeda (top lordotik) agar daerah atas/ apeks terlihat lebih jelas. Jika dari foto ulang memang gambaran yang muncul hanya fibrotik saja, maka penyakit dapat dikatakan tidak aktif.¬†Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.