belum dijumpai menstruasi

dok umur saya udah 25 tahun saya udah kdokter kandungan usg ukuran rahim saya kecil dok gk normal,udah cek kelaboratorium…dan dianjurkan suntik hormon itu kira2 ada penyembuhan nggak dok,mkasi dok

2 answer

Staff 17/05/2016
Public

Selamat malam,
Rahim kecil disebut sebagai hipoplasia uterus. Pada dasarnya masalah ini merupakan bawaan dari lahir.
Sebagian besar pada wanita dengan rahim kecil adalah gangguan / sulit menstruasi. Penanganannya agak sulit dan biasanya tidak diharapkan menjadi normal. Biasanya pasien akan diminta untuk menjalani pemeriksaan kadar hormon dan USG. Kemudian, dilakukan terapi hormonal selama 6 bulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan kadar hormon dan USG ulang. 
Pada banyak kasus, setelah terapi pengganti hormon dimulai, menstruasi menjadi lebih lancar dan seringkali setelah di USG ulang ukuran rahim bertambah, tetapi pada akhirnya setelah terapi hormon dihentikan biasanya kembali seperti semula. Jadi tujuan penanganan kondisi ini adalah menormalkan siklus hormonal dan memberikan kesempatan untuk hamil. Akan tetapi jika tujuannya sudah tercapai dan terapi hormonal dihentikan maka biasanya akan kembali seperti semula.
Sebaiknya anda mendiskusikan masalah ini lebih lanjut dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Sp.OG) untuk konsultasi lebih lanjut.
Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.