telat haid sudah 1 minggu

Dok bulan maret lalu saya haid 7 hari dari tanggal 19-25 biasanya saya hsid cuma 5 hari , nah tapi sampe sekarang tanggal 27 saya masih belum haid juga dok padahal itu udah melebihi 35 hari , waktu tanggal 21 april kemarin saya seperti merasakan ada cairan yang keluar saya kira itu darah haid tapi ternyata bukan dan saya juga merasa pinggul saya pegal dan sakit seprrti mau haid tapi sampe sekarang saya belum merasakan sakit perut padahak saya sudah mencoba minum air jahe , selama ini saya juga belum pernah berhubungan intim , baru pertama kali saya telat sampe tanggal segini biasanya saya telat maksimal 2 hari , umur saya masih 18 tahun saya takut kenapa kenapa dan ingin cepat haid , saya harus minum apa agar cepat haid ? Terimakasih ya dok

1 Jawaban Dokter

Staff 27/04/2016
Public

Sore Sobat,
Haid pada wanita bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, antara lain kelelahan/kurang istirahat, stress/banyak pikiran, asupan gizi yang kurang seimbang (misalonya diet berlebihan), dan sebagainya. Haid telat 1 minggu pada remaja wanita masih dianggap normal, terkadang hormon dalam tubuh masih kurang seimbang dan bisa menyebabkan haid lebih maju/mundur hingga sekitar 2 minggu. Sobat tidak perlu melakukan hal khusus untuk telat haid ini, namun perlu makan teratur dan bergizi seimbang, tidur/ istirahat cukup, dan sebisa mungkin menghindari stres. Pola hidup yang sehat ini diperlukan agar fungsi organ tubuh Sobat dapat berjalan dengan baik, termasuk fungsi hormon. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
  1. Makasih dok , tadi udah konsultasi langsung kok hehe , maaf ya dok ngerepotin sekali lagi terimakasihh
  2. Sore Sobat,
    Gejala di seputar masa haid biasa disebut sebagai premenstrual syndrome (PMS) dan meliputi berbagai hal, antara lain berat badan sedikit bertambah, payudara terasa membengkak dan nyeri, perut terasa lebih membuncit, paha dan bokong terasa membesar, gejolak emosional lebih terasa (mudah sedih, marah, dll), ataupun nyeri pada bagian perut bawah dan pinggang. Hal ini disebabkan karena efek hormon mempengaruhi kondisi emosional dan mengakibatkan penumpukan cairan dalam tubuh terutama di payudara dan perut (sehingga terasa membengkak dan nyeri). Jadi,hal yang Sobat alami masih termasuk normal. Adapun banyak pikiran (stres) dan kecapekan (kelelahan fisik) juga mempengaruhi siklus haid dan dapat menghambat kelancaran haid. Anemia tidak mempengaruhi siklus haid, namun jika dibiarkan berlarut-larut, setiap darah yang hilang semasa haid dapat memperburuk anemia yang dialami oleh Sobat -- anemia ini tidak baik untuk kesehatan Sobat secara umum, dan juga tidak baik bagi perkembangan janin/bayi dalam kandungan jika di masa depan Sobat mengalami kehamilan. Anemia pada remaja wanita umumnya terjadi karena kekurangan zat besi, hal ini bisa diperbaiki dengan perubahan pola makan/ asupan gizi yang lebih baik -- berkonsultasilah secara langsung dengan dokter/ ahli gizi mengenai masalah ini. Semoga saran ini membantu Sobat.
  3. Dok jawab lagi dong , soalnya sampe sekarang masih belum haid
  4. Dok
  5. Oh iya dok waktu tanggal 4-12 kan saya un mungkin saya banyak pikiran dan kecapean juga tuh karena un ngaruh engga dok ? Saya juga punya anemia dok , apakah ngaruh ?
  6. Oh iya dok dari tanggal 21 sampe sekarang juga saya udah ngerasa pegel pegel kaya mau haid dan suka ngerasa engap kalau lari bentar padahal biasanya saya tiap minggu suka lari pagi dan biasa aja tapi dari tanggal 21 itu saya sering merasa engap , itu kenapa ya dok ? Apakah kalau mau haid seperti itu ? Tapi darah haid nya tidak keluar keluar sampe sekarang , saya semakin khawatir
  7. Sangat membantu dan membuat tenang , terimakasih dokter
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.