bagaimana cara mengatasi insomnia

saya mahasiswi 19th, sudah satu bulan ini tidur saya terganggu. awalnya jam 2-3 pagi baru saya bisa tidur, dan siangnya mengantuk tp kantuk yang biasa saja dan tidak yang keterlaluan. tapi satu minggu ini kurang lebih, saya jadi tambah parah saya mengantuk jam 8-10 malam, dan misalkan saya tidur jam 8-9 malam, saya pasti terbangun jam 11-12 malam dan tidak bisa kembali tidur. padahal saya sudah ciptakan kondisi yang menurut saya nyaman, aroma therapy, susu hangat sebelum tidur dan suasana kamar yang gelap. anehnya, saya tidak bisa kembali tidur sampai jam 8-9 malam keesokan harinya. dan saya tidak sama sekali merasakan ngantuk atau lelah di siang hari, hari-hari pertama saya mengalami hal ini saya selalu beraktifitas padat di siang hari dan olahraga sore hari biar lelah dan mengantuk lalu tidur nyenyak tp ternyata tdk berhasil. saya memang ada penyakit asma, tapi selama ini tidak pernah tidak tdur sampai sebegini parahnya.
akhirnya dua hari lalu saya ke rumah sakit untuk di periksa, dokter memberikan obat tidur dosis rendah karena alergi obat saya yang amat banyak. tp ternyata kemarin saat saya konsumsi saya langsung alergi dan pengobatan langsung dihentikan, sampai skrg blm ada follow up. riwayat operasi saya adalah tonsil dan appendix, tp waktu usg sblm operasi appendix memang ada ditemukan batu2 sangat kecil di empedu saya. apakah mungkin ada kaitannya?

saya mau bertanya ini insomnia akut kah atau bagaimana? karena saya tidak tidur malam sama sekali, dan tdk merasa ngantuk di siang nya. saya jg tidak merasa stres atau depresi karena semua berjalan dengan sebagaimana seharusnya. saya baca2 artikel rata2 org insomnia pasti akan mengantuk di siang hari nya, tp tidak dengan saya, dan apa yang kira2 harus saya lakukan sambil menunggu follow up dari dokter rumah sakit? terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 27/04/2016
Public

Sore Sobat,
Umumnya insomnia pada usia muda bukan disebabkan oleh suatu penyakit (insomnia non-organik). Jika insomnia tidak mengganggu aktivitas, sebaiknya tidak memakai obat tidur sama sekali. Insomnia umumnya dapat membaik dengan terapi relaksasi — ada beberapa cara untuk terapi relaksasi tersebut, misalnya dengan latihan napas hingga tubuh terasa rileks, meditasi, dan sebagainya. Untuk relaksasi tersebut Sobat dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis psikiatri. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.