Sakit Kepala Menahun

Waktu Kecil sy didiagnosa ada radang diselaput otak dikarenakan kepala saya sering jatuh , itu sy ketahui dr orangtua saya.

Pada saat SMA sy pernah mengalami pusing yang teramat sangat sampai pandangan gelap sehingga harus dibawa ke klinik dg dipapah oleh teman saya.

Tahun 2009 juga saya pernah dirawat selama 9hari di Rumah Sakit perihal sakit dikepala juga,saat itu jg dilakukan uji syarat oleh Spesialis Syaraf mulai dr reflek dan lain2nya.

Akhir2 ini intensitas sakit dikepala saya semakin meningkat , disebelah kiri ubun-ubun kalau dipegang sakitnya bukan main , kadang migrain , kadang sakit dibagian kepala belakang sampai tengkuk dan leher kaku.

pertanyaan saya :
1. Benarkah sy mengidap radang selaput otak ?
2. Apakah Ct-Scan / MRI harus saya lakukan ?
3. Kalo memang benar saya mengidap Radang Selaput otak apakah memang harus dilakukan operasi ?

1 Jawaban Dokter

Staff 27/04/2016
Public

Sore Sobat,

  1. Sakit kepala terus menerus dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain migrain, kelainan pembuluh darah otak, adanya perdarahan dalam otak, tumor, dan sebagainya. Belum tentu karena radang selaput otak
  2. Sebelum melakukan pemeriksaan CT-scan atau MRI, dokter harus melihat dahulu kondisi Sobat, untuk menentukan penyebab sakit kepala yang paling mungkin dan menentukan apakah benar-benar perlu pemeriksaan tambahan (CT-scan atau MRI) atau tidak. Oleh karena itu, Sobat perlu memeriksakan diri  secara langsung terlebih dahulu ke dokter/ dokter spesialis saraf.
  3. Jika hanya Radang selaput otak (meningitis) saja, maka umumnya tidak memerlukan operasi.

Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.