Bunyi gemeretak

salam hormat,

nama saya Danu, pria berusia 22 tahun. Saya ingin berkonsultasi dengan apa yang saya alami. Selama setahun ini ketika saya melakukan gerakan sit up sering terjadi bunyi gemeretak seperti saat melepaskan kekakuan di jemari. Bunyi ini berasal dari pinggul sebelah kiri saya. Hal ini juga terjadi ketika mengangkat lutut kiri hingga lurus dengan pinggul membentuk sudut 90 derajat pada lutut dan menurunkan lutut kembali hingga posisi normal. Pada saat lutut kembali turun itulah bunyi gemeretak terjadi. Tetapi jika posisi lutut saya ubah dari yang asalnya lurus kedepan menjadi lebih mengarah kekanan, bunyi gemeretak tersebut tidak pernah muncul.

Untuk saat ini masih belum ada masalah lebih lanjut. saya tidak merasakan nyeri atau kesulitan apapun selain bunyi gemeretak tersebut. Namun saya tetap khawatir karena bunyi ini tidak pernah terjadi sebelum setahun terakhir ini.

Pertanyaan saya, apa yang terjadi pada tubuh saya dan apa penyebabnya dok ?
lalu apa yang harus saya lakukan untuk memulihkan kondisi tubuh saya? apakah saya masih diperbolehkan untuk melakukan olahraga sit up dok?

Terimakasih atas perhatiannya

1 Jawaban Dokter

Halo Danu,
terima kasih atas pertanyaannya. Yang danu alami perlu pemeriksaan fisik oleh dokter, dari gejalanya, kemungkinan mengarah ke hal yang ringan. Bisa merupakan gejala otot yang mengeras dan seratnya menggumpal, atau ligamennya yang bergesekan dengan bonggol tulang ketika bergerak. Ini pun bisa merupakan hal yang berat seperti kekendoran ligamen dan hal lainnya. Hal ini dapat terjadi karena mungkin dalam setahun ini ada trauma pada otot yang disebabkan oleh keseleo maupun aktivitas olahraga itu sendiri. Saya tetap menganjurkan untuk berolahraga, namun bisa diakali sendiri bagaimana cara yang lebih nyaman.
Semoga dapat bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.