Apakah reaksi gatal merah perih purging pada wajah setelah pemakaian kb diane 35 selama seminggu itu normal, bagaimana mengatasi skin rash dan blackhead yang menjadi jadi akibat pemakaian pil kb?

Saya punya keluhan terkait kulit wajah saya. Saya didiagnosa dokter kecantikan ada rosacea dan jrawat hormonal. Sudah pernah pakai accutane sebelumnya dan selama 3 or 4 tahun bersih dari jerawat. Setahun trakir break out lagi dan beberapa bulan terakhir tidak ada krim luar or obat luar yang cocok dipakai. Akhirnya dokter menyarankan untuk coba pil Kb diane 35, tapi sesudah 7 hari, hari ini hari ke 7 pemakaian pil diane, saya mendapati kulih wajah saya semakin purging gatal rash perih dan merah sekali. Saya bingung harus diapakan lagi. Kebetulan dokter kandungan jg pernah saya tanya katanya saya ada endometriosis dan pil Kb bisa membantu. Apa saran dokter? Kebetulan saya ada di singapore skrg. Dan dokter disini begitu mahal. Saya tdk memungkin untuk ke dokter scr saya student di sini skrg.
Sblm memakai diane, problem jerawat cuman bisa diatasi dgn doxicyline saja. Dan tiap bulan harus minum. Akir2 ini jadi kebal.
Skrg saya merasa mual, insomnia, dan mood pun terganggu
Mohon bantuan saran

Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.