anakku usia 1 tahun, menginjak usia ini susah sekali makannya,

anakku usia 1 tahun 11 hari cewek dengan berat badan 8kg,akhir-akhir ini susah sekali makan, palingmakan 3/4suap sudah ngak mau makan, padahal menu makan udah diganti-ganti, awalnya sayuran tyus diganti menu kering tanpa kuah, tapi minum susunya baik. mohon tipsnya agar anak kami mau makan,

1 Jawaban Dokter

Pola makam anak harus diajarkan sejak dini. Anak yang sulit makan bisa disebabkan oleh banyak hal. Sakit atau tumbuh gigi bisa mempengaruhi nafsu makan anak. Selain itu, emosi yangdialami anak juga dapat memberi pengaruh. Misalnya bila anak sedang sedih atau khawatir. Bila semua hal ini tidak terjadi, sulit makan dapat dipengaruhi oleh pola dan penjadwalan makan.
 
Makan sebaiknya diberikan pada jam yang teratur. Disarankan anak usia 1 tahun diberi 3x makan utama dan 2x snack. Pemberian susu juga dapat mempengaruhi jumlah makanan yang dimakan oleh anak. Bila anak sudah kenyang dengan susu atau snack yang diberikan berdekatan dengan waktu makan utama, maka anak akan enggan makan karena sudah kenyang. 
Makan juga dipengaruhi oleh suasana rumah. Suasana yang tidak nyaman dan banyaj gangguan juga dapat menimbulkan anak malas makan. Makan dengan suasana yang membuat anak tertekan, seperti dimarahi bila makanan tidak habis juga akan menjadikan waktu makan tidak menyenangkan bagi anak.
Bila anak masih disuap, coba biarkan anak mencoba makan sendiri dengan tangan nya. Selain variasi makanan, tekstur juga mempengaruhi selera makan anak. Mungkin anak sudah mau makan dengan tekstur yang lebih padat. Idealnya usia 1 tahun anak sudah makan makanan keluarga. Walaupn penggunaan gula dan garam tidak disarankan, rasa tetap dapat divariasi dengan penambahan rempah rempah pada makanan, misalnya dengan minyak wijen, ketumbar, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.