Cara menunda kehamilan

Selamat malam dokter saya dan istri sepakat untuk menunda mempunyai anak sampai waktu yang kami tentukan. Sebelumnya istri saya mempunyai siklus haid yang tidak teratur. Haid yang tercatat adalah tanggal 28 januari dan haid berikutnya adalah tanggal 28 maret. kami melakukan hubungan tanggal 10 april kemarin, dengan menarik sebelum ejakulasi. Pertanyaanya adalah kapan masa subur istri saya yang sebenarnya?
Kami sudah melakukan tespack tanggal 9 april kemarin. Tetapi Tadi siang istri saya mengeluhkan adanya sakit dibagian bawah perut tapi rasanya lebih ringan dari haid. Apakah itu adalah proses implantasi? Dan bagaimana cara mencegah pembuahan tersebut? Karena kami sudah sepakat untuk menunda kehamilan. Adakah obat yang dapat meluruhkan atau menggagalkan proses tersebut? Apakah nanas muda dapat mencegah pembuahan tersebut. Karena menurut saya lebih cepat lebih baik untuk menanggulanginya sebelum embrionya berkembang. Terimakasih dokter tolong bantuannya

1 Jawaban Dokter

Staff 20/04/2016
Public

Hi Sobat, 
Penggunaan kontrasepsi darurat hanya dapat digunakan dalam 2 hari setelah berhubungan seksual untuk mencegah proses pembuahan, bila memang sudah terjadi implantasi maka memerlukan tindakan penguretan. Untuk itu cobalah pastikan dahulu kondisi istri Anda apakah dalam kondisi hamil atau tidak. Dan bila tidak hamil dan memang ingin menunda kehamilan gunakanlah alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik ataupun IUD untuk mencegah kehamilan sementara waktu. Dan untuk penggunaan pil KB akan lebih baik untuk memperbaiki pula siklus menstruasi istri Anda agar lebih teratur.
Semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.