Dok, anak saya usia 6 tahun 4 bulan,sudah 6 hari panas bahkan mencapai 39 – 40, sudah berobat dan hanya di beri paracetamol,vitamin dan obat batuk (karena di sertai batuk)

saya sudah melakukan tes darah lengkap,rujukan dokter dan hasil tes darah normal,tetapi dokter menyarankan pada hari ke 7 utk tes darah lagi utk mengetahui terinfeksi tipus atau tidak.apakah memang gejala tipus pada anak di sertai demam tinggi, muntah serta nafsu makan berkurang?apak pengobatan yg terbaik yg perlu saya lakukan untuk anak saya.terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 19/04/2016
Public

Halo Sobat,
Pada Typhoid Fever, setelah 7-14 hari tanpa keluhan atau gejala, dapat muncul keluhan atau gejala yang bervariasi mulai dari yang ringan dengan demam yang tidak tinggi, malaise, dan batuk kering sampai dengan gejala yang berat dengan demam yang berangsur makin tinggi setiap harinya, rasa tidak nyaman di perut, serta beraneka ragam keluhan lainnya.
Gejala yang biasanya dijumpai adalah demam sore hari dengan serangkaian keluhan klinis, seperti anoreksia, mialgia, nyeri abdomen, dan obstipasi. Dapat disertai dengan lidah kotor, nyeri tekan perut, dan pembengkakan pada stadium lebih lanjut dari hati atau limpa atau kedua-duanya. Pada anak, diare sering dijumpai pada awal gejala yang baru, kemudian dilanjutkan dengan konstipasi. Konstipasi pada permulaan sering dijumpai pada orang dewasa. Walaupun tidak selalu konsisten, bradikardi relatif saat demam tinggi dapat dijadikan indikator demam tifoid. Pada sekitar 25% dari kasus, ruam makular atau makulopapular (rose spots) mulai terlihat pada hari ke 7-10, terutama pada orang berkulit putih, dan terlihat pada dada bagian bawah dan abdomen pada hari ke 10-15 serta menetap selama 2-3 hari.
Peran pemeriksaan Widal (untuk mendeteksi antibodi terhadap antigen Salmonella typhii) biasanya ditemukan antibodi antigen O pada hari 6-8 dan antibodi terhadap antigen H dijumpai pada hari 10-12 setelah sakit. Pada orang yang telah sembuh, antibodi O masih tetap dapat dijumpai setelah 4-6 bulan dan antibodi H setelah 10-12 bulan. Karena itu, Widal bukanlah pemeriksaan untuk menentukan kesembuhan penyakit. Diagnosis didasarkan atas kenaikan titer sebanyak 4 kali pada dua pengambilan berselang beberapa hari atau bila klinis disertai hasil pemeriksaan titer Widal di atas rata-rata titer orang sehat setempat.
Pengobatan yang diberikan ke anak Sobat sebaiknya mengikuti saran dari dokter tersebut, sambil menunggu hasil pemeriksaan lanjut yang kemudian menentukan terapi selanjutnya, jika gejala tidak kunjung hilang.
 
Semoga lekas sembuh!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.