Timbul bentol merah gatel

Dok, akhir-akhir ini saya sering bermasalah dengan kulit saya yang tiba-tiba bentol merah dan gatel. Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya, tapi saya sudah berusaha membersihkan tempat tidur saya, dan tempat-tempat lainnya. Saya juga tidak merasa digigit serangga, tapi tiba-tiba terasa gatel dan merah. Biasanya muncul di kaki atau lengan, tapi di sekitar pungggung dan perut juga ada. Kalau saya alergi, saya tidak ada riwayat alergi sebelumnya. Dan apabila karena serangga atau kuman/debu, saya sudah membersihkan semuanya. Setiap satu sembuh, pasti muncul lagi di tempat yang lain, selama ini saya hanya memberi bedak herocyn di bentol saya itu. Sebenarnya ini kenapa ya dok ? Mohon bantuannya, terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 11/04/2016
Public

Hi Sobat, 
Apakah anda sering menjalani aktifitas diluar ruang dan terpapar dengan sinar matahari dan udara panas? Ada kemungkinan faktor-faktor tersebut yang menimbulkan keluhan yang anda alami seperti bentol-bentol merah yang disertai dengan gatal, atau bisa dikatakan biang keringat, cobalah untuk menggunakan lotion tabir surya untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari dan lebih sering mengganti pakaian setelah beraktifitas luar ruang, agar tidak menimbulkan kelembaban pada kulit dan berakibat mudahnya berkembang bakteri yang menyebabkan rasa gatal serta gunakan bedak tabur yang mengandung menthol untuk memberikan efek menyegarkan pada kulit dan menjaga tubuh agar tetap segar dan wangi.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
  1. Tidak, saya beraktivitas di dalam ruangan. Banyak teman yang bilang karena sprei tempat tidur kotor, tapi selalu saya bersihkan sebelum ditempati. Apakah itu benar biang keringat ? bukan karena kutu atau alergi ? soalnya selalu muncul dimana-mana dan terasa sangat gatal, berbekas juga apabila sudah tidak merah dan gatal seperti bekas cacar
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.