Apa obat tetes telinga aman untuk bayi?

Bayi saya berusia 3 bulan. Beberapa hari lalu telinga kanan bayi saya mengeluarkan cairan kuning, namun hanya sedikit sekali, dan tidak sampai mengalir keluar (hanya terlihat di bagian dalam telinga saja). Juga ada bau yang agak menyengat dari telinga kanannya. Kemudian saya bawa ke dokter anak.
Ternyata telinga kanan kiri bayi saya terkena infeksi. Dan ada kotoran yang mengeras di dalam telinga sehingga harus dibersihkan dulu. Bayi saya diberi obat tetes telinga Forumen, 3x sehari 1 tetes per telinga. Sekarang hari ke 3 penggunaan obat tersebut. Dan akan digunakan sampai jadwal kontrol selanjutnya, 3 hari lagi. Jadi penggunaan obat selama 6 hari. Sedangkan saya baca di dus obat ada tulisan bahwa obat tidak boleh digunakan lebih dari 2 hari.
Apakah dosis yang diresepkan oleh dokter tersebut tidak berlebihan ya dok? Apakah aman untuk bayi saya jika penggunaan obatnya terlalu lama?
Terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 07/04/2016
Public

Hi Sobat, 
Penggunaan obat tetes telinga untuk membantu mengatasi infeksi serta kotoran yang mengeras pada telinga memang sebaiknya digunakan minimal selama 3 hari berturut-turut untuk mengatasi pertama-tama infeksi karena bakteri yang terjadi. Dan bila disarankan oleh dokter untuk jangka waktu yang lebih lama dapat dimaksudkan untuk membantu mengatasi pengerasan yang terjadi, agar nantinya saat dilakukan pembersihan kotoran menjadi tidak terlalu keras dan dapat dengan mudah dikeluarkan atau bahkan dapat keluar sendiri mengingat bayi anda baru berusia 3 bulan.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.