Dada bagian kiri nyeri.

Permisi, saya mau tanya,

Sebelumnya, saya sedang intensive olahraga angkat beban setiap hari selama 5 bulan terakhir. Tapi belakangan ini dada sebelah kiri sering terasa nyeri.

Asumsi saya, mungkin karena ada masalah di otot Subclavius (bagian rusuk kiri atas). Atau apa ada penjelasan lebih jelas? Apa yang harus saya lakukan sekarang, dan kedepannya?

1 Jawaban Dokter

Staff 05/04/2016
Public

Halo Sobat,
Myalgia (nyeri otot) adalah termasuk salah satu keluhan yang cukup sering diderita manusia. Ada yang mengalami hanya sesaat (misalnya keram otot) atau sampai beberapa hari, beberapa bulan bahkan menahun tersebut terus menerus mengganggu dengan intensitas yang berfluktuasi. Penyebab yang paling sering disebabkan oleh ketegangan (kontraksi) yang berlebihan, saat latihan atau bekerja berat.
Gejala umum nyeri otot ini, di samping rasa sakit, adalah pembengkakan pada otot. Setelah latihan yang menyebabkan nyeri yang sangat parah, otot tampak lebih besar dari sebelumnya. Namun ini terjadi bukan karena massa otot yang meningkat, tetapi lebih karena otot mengalami peradangan sebagai respon terhadap kerusakan mikroskopis pada otot.
Fisioterapi mempunyai peran yang sangat penting dalam proses penyembuhan serta perbaikan gerak dan fungsi, antara lain membantu mengatasi permasalahan kapasitas fisik dan mengembalikan kemampuan fungsional. Ada berbagai macam fisioterapi, seperti contoh infra red, aplikasi panas pada otot dapat mengurangi nyeri dan relaksasi otot.
Sebaiknya otot yang sedang nyeri diistirahatkan terlebih dahulu minimal 5 hari, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga selama 10 menit. Dapat diberikan obat anti radang oles atau minum, seperti natrium diklofenak 50 mg 3x sehari. Jika keadaan tidak baik, ada baiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah tulang atau orthopedi untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai keluhan Sobat.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
  1. Okay dok, terima kasih.
  2. Nyeri pada angina atau kurangnya oksigen pada pembuluh darah di jantung (iskemik miokard) akan menimbulkan rasa tertekan atau nyeri substernal yang menjalar
    ke ketiak dan turun ke bawah ke bagian dalam lengan terutama lebih sering ke lengan kiri. Rasa nyeri juga dapat menjalar ke ulu hati, leher, rahang, lidah, gigi dan atas telinga.

    Ada 3 sindrom iskemik yaitu:
    - Angina stabil (Angina klasik, Angina of Effort): Serangan nyeri dada khas yang timbul waktu bekerja. Berlangsung hanya beberapa menit dan menghilang dengan nitrogliserin atau istirahat. Nyeri dada dapat timbul setelah makan, pada udara yang dingin, reaksi simfatis yang berlebihan atau gangguan emosi.
    - Angina tak stabil (Angina preinfark, Insufisiensi koroner akut): Jenis Angina ini dicurigai bila penderita telah sering berulang kali mengeluh rasa nyeri di dada yang timbul waktu istirahat atau saat kerja ringan dan berlangsung lebih lama.
    - Infark miokard: Iskemik miokard yang berlangsung lebih dari 20-30 menit dapat menyebabkan infark miokard. Nyeri dada berlangsung lebih lama, menjalar ke bahu kiri, lengan dan rahang. Berbeda dengan angina pektoris, timbulnya nyeri dada tidak ada hubungannya dengan aktivitas fisik dan bila tidak diobati berlangsung dalam beberapa jam. Disamping itu juga penderita mengeluh sesak napas, berdebar-debar dan berkeringat. Diagnosa ditegakan berdasarkan serioal EKG dan pemeriksa enzim jantung.
  3. Terima kasih atas penjelasan dan sarannya,

    Mungkin memang terjadi pembengkakan otot, karena saya sering di kejar waktu saat olahraga menjadi terburu-buru dan kurang pemanasan dan pendinginan.

    Untuk nyeri pada bagian tersebut apa memungkinkan menjadi masalah serius seperti serangan jantung atau angina? Mengingat lokasinya juga yang kritis.
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.